--> Skip to main content

Cara Mengatasi Insomnia Agar Bisa Tidur Dengan Nyaman

cara mengatasi insomnia
Halo semua, apa kabar setelah kemarin posting mengenai faktor psikologis dan non psikologis penyebab insomnia, kali ini bangirul.com akan membahas mengenai cara mengatasi insomnia. Insomnia teratasi maka kasur pun jadi berguna untuk tempat tidur.

Cara Mengatasi Insomnia
1. Hindari Stres dan Depresi
Salah satu penyebab utama insomnia adalah stres dan depresi. Stres bisa menjadi sebab depresi. Stres dan depresi menyebabkan orang selalu teringat apa yang menjadi beban hidupnya, boro-boro tidur, untuk makan saja kadang sulit bagi orang stres/ depresi. Oleh karenanya hindari stres juga depresi, enjoy saja dengan kehidupan. Dan yang terpenting adalah dekatkan diri dengan Yang Diatas sehingga hati menjadi lebih tenang dan beban hidup menjadi berkurang

2. Hindari Cafein, Alkohol dan Rokok
Cafein zat yang terdapat dalam kopi menyebabkan orang hilang kantuknya. Begitu juga dengan alkohol dan rokok. Sering lihat kan kalau orang mau begadang atau di siang hari supaya tidak ngantuk orang lebih memilih mengkonsumsi kopi untuk menghilangkan kantuk. Hindari minum kopi menjelang waktu tidur jika tidak mau tidur menjadi terganggu.

3. Tenangkan Pikiran dan Lakukan Relaksasi
Adanya rasa cemas dan takut bisa menyebabkan seseorang menjadi sulit tidur. Lakukan relaksasi dengan menarik nafas dalam-dalam dan mengeluarkannya secara perlahan, kemudian kosongkan pikiran sehingga kecemasan dan ketakukan menjadi hilang. Jangan lupa disertai doa mohon perlindungan kepada Sang Pencipta.

4. Bersihkan Tempat Tidur
Apapun yang menjadi tempat anda, bersihkanlah selalu sebelum merebahkan tubuh anda menjelang tidur. Tidak jarang binatang-binatang seperti semut dan juga kutu suka sekali menghuni tempat tidur.  Supaya tidak terganggu dengan rasa gatal akibat gigitan binatang tadi sebaiknya tempat tidur rutin dibersihkan. Semprot kamar dengan cairan pembasmi nyamuk dan kecoa. Sebaiknya penyemprotan dilakukan dipagi atau siang sebelum kita melakukan aktivitas.

5. Hindari Obat Penghambat Tidur
Alpha blocker, kortikosteroid, cholinesterase inhibitor, glukosamin dan condroition menyebabkan sulit tidur. Sebelum minum obat, apalagi obat bebas yang tidak memerlukan resep dokter, sebaiknya baca dulu aturan pakai serta kandungan zat yang ada dalam obat tersebut.

6. Tidak Menonton Film Horor
Buat anda yang penakut, sebaiknya menghindari menonton film-film hantu baik itu bersama-sama maupun sendirian. Atau tidak membaca cerita-cerita hantu yang menyebabkan anda berimajinasi yang tidak-tidak. Karena biasanya film horor akan membuat penontonnya menjadi cepat dan takut dan tidak jarang terbawa hingga saat menjelang tidur dan karena cemas dan takut akhirnya tidur pun menjadi tidak bisa.

Mudah-mudahan cara mengatasi insomnia diatas dapat membantu pembaca semua yang sedang mengalami masalah dalam tidur.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar