Bau Mulut Orang Berpuasa Lebih Harum Dari Minyak Misk

Saat berpuasa, seseorang tidak akan mengkonsumsi apapun sejak dari subuh sampai dengan adzan maghrib. Biasanya orang yang berpuasa akan segera berkumur dan sikat gigi setelah melakukan santap saur. Sepertinya efek kumur-kumur dan sikat gigi kurang begitu terasa, sebab ketika baru beberapa jam dari waktu saur, mulut mulai mengeluarkan bau tidak sedap. Namun tidak perlu berkecil hati sobat, inilah istimewanya orang yang melaksankan ibadah puasa, ada hadist yang menyatakan bahwa bau mulutnya orang yang berpuasa, lebih harum dari minyak misk di sisi Alloh.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لَخُلُوفُ فَمِ الصَّائِمِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللَّهِ تَعَالَى مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ

Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak misk.” (HR. Bukhari no. 1894 dan Muslim no. 1151)
Makanya, tidak perlu minder dan malu jika mulut bau karena berpuasa, justru bangga karena Alloh memandangnya sebagai suatu keharuman. Namun bukan berarti ketika akan berpuasa, tidak perlu sikat gigi atau bersiwak, justru tetap disunahkan untuk bersiwak. 

Dalam riwayat yang lain: 

والذي نفس محمد بيده لخلوف فم الصائم أطيب عند الله يوم القيامة من ريح المسك

"Dan demi Dzat Yang jiwa Muhammad berada di tanganNya, sesungguhnya bau mulut orang yang berpuasa lebih baik di sisi Allah pada hari kiamat daripada harumnya minyak misik".

Orang yang berpuasa ikhlas karena Alloh, tidak ria dan mengharapkan pujian dari orang lain di dunia, pada hari kiamat nanti akan terkenal karena aroma harum yang keluar dari mulutnya.

1 Response to "Bau Mulut Orang Berpuasa Lebih Harum Dari Minyak Misk"

  1. pastinya akan sedikit minder dengan bau mulut ketika berpuasa, untuk menghindari rasa minder, mending diem saja, nggak usah banyak ngomong :)

    ReplyDelete