--> Skip to main content

Mengungkap Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan

Mengungkap Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan - Siapa yang tidak tahu alpukat, itu salah satu buah yang sering dibuat jus dan campuran es. Saya malah pernah ketemu dengan penjual capucino dengan sebuah eksperimen mencampurkan capucino dengan alpukat. Dari tampilannya sangat menarik dan hampir-hampir menelan ludah, dan setelah dicoba. Buah Alpukat memang buah yang populer di Indonesia, pohonnya lumayan tinggi. Siapa yang takut ulat, jangan sekali-sekali mendekat jika pohon alpukat sedang berbuah, karena pas sedang berbuah, pas juga ulat alpukat sudah mulai menetas. 
manfaat buah alpukat untuk kesehatan

Selain digunakan untuk jus, alpukat memiliki manfaat untuk kesehatan. Kandungan berbagai vitamin seperti vitamin B2, vitamin B3, vitamin C. Tidak kurang dari 11 vitamin ada dalam buah alpukat. Selain vitamin, sejumlah mineral terbenam dalam buah alpukat seperti kalium salah satunya, 13 mineral lainnya tidak bisa saya sebutkan satu persatu.

Berikut ini beberapa khasiat buah alpukat serta biji alpukat untuk kesehatan dan pengobatan tradisional:


Kencing Manis

Kencing manis atau lebih dikenal dengan diabetes yaitu kondisi di mana tubuh tidak dapat mengatur kandungan gula dalam darah sehingga glukosa atau gula yang biasanya diangkut menuju sel-sel tubuh sebagai sumber energi justru tercecer dalam aliran darah, bahkan ikut terbuang dalam air seni. Salah satu pengobatan secara alami adalah dengan memanfaatkan buah alpukat. Biji alpukat dipanggang di atas bara api kemudian dipotong ukuran kecil-kecil, kemudian direbus dengan air bersih hingga air rebusan berubah menjadi coklat. Setelah itu air rebusan biji alpukat disaring, minum airnya setelah dingin. 

Mengatasi kulit wajah kering
Buat sobat yang sering berpanas-panasan, tentu wajah bisa menjadi kering. Jangan khawatir, karena disekitar kita tersedia penawarnya. Manfaatkan saja daging buah alpukat yang sudah matang, jangan dimakan ya, tapi dilumatkan sampai halus hingga menjadi bubur. Kemudian, oleskan bubur alpukat tadi ke muka secara merata, biarkan hingga 2 jam. Bilas wajah dengan air dingin. Tips ini sebaiknya digunakan saat malam hari menjelang tidur atau waktu liburan sehingga tidak mengganggu aktivitas keseharian.

Mengobati Sariawan


Sariawan, aduh.. kalau sariawan datang, makan jadi tidak enak. Padahal lapar, tapi kena sedikit pedas atau garam, langsung terasa perih mulut ini. Atasi saja sariawan dengan alpukat. Keruk daging alpukat yang sudah masak kemudian tambahkan 2 sendok makan madu murni dan aduk secara merata lalu makan. Lakukan cara ini secara rutin hingga sariawan hilang.

Bengkak karena Peradangan 
Sering sekali karena aktivitas yang terlalu berat, bagian tubuh tertentu kita sakit baik karena tidak sengaja terbentur sesuatu atau kelelahan pada sendi sehingga menimbulkan peradangan yang akhirnya menjadi bengkak. Manfaatkan saja biji alpukat untuk mengatasinya. Keringkan biji alpukat, lalu tumbuk hingga halus. Bisa diayak dengan ayakan agar lebih halus lagi. Setelah itu ambil bubuk biji alpukat secukupnya, kemudian ditambah sedikit air sampai menjadi seperti bubur. Usapkan adonan tersebut ke bagian tubuh yang sakit.

Sakit gigi berlubang


Sakit gigi sering dialami bukan hanya oleh anak kecil, namun juga orang dewasa. Pengobatan secara alami sakit gigi dapat memanfaatkan biji alpukat. Ambil satu biji akpukat, kemudian ditumbuk hingga halus. Gunakan sedikit bubuk biji alpukat tersebut dan masukkan ke dalam gigi yang berlubang. Atau bisa juga menggunakan kapas dan dicocokkan ke dalam gigi yang berlubang.


Rambut Berkilau
Tidak hanya sampo yang bisa membuat rambut menjadi berkilau, alpukat yang biasa sobat minum jusnya, bisa juga membuat rambuat berkilau hanya dengan menambah beberapa bahan lainnya seperti yogurt, telur ayam, satu sendok teh minyak rosemary dan satu sendok minyak jojoba. Caranya dengan menghaluskan sebuah alpukat matang, kemudian campurkan dengan beberapa bahan tadi menjadi satu. Kemudian jadikan masker untuk rambut anda. Biarkan lebih kurang 20-30 menit, kemudian bilas dengan shampoo.

Yups, mungkin itu saja dulu artikel kali ini, yaitu mengungkap manfaat buah alpukat untuk kesehatan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar