--> Skip to main content

Peringkat Indonesia Naik 4 Tingkat

Kabar terbaru dari dunia persepakbolaan Indonesia, dari data resmi yang dikeluarkan oleh situs FIFA, peringkat Indonesia naik 4 tingkat ke posisi 154 dunia dengan poin 128. Peringkat tersebut masih dibawah beberapa negara Asean lain seperti Vietnam (125), Philipina (130), Malaysia (141), Thailand (148) dan Singapura (149).

Sementara untuk posisi 3 besar FIFA masih dihuni oleh Spanyol, Jerman dan Argentina. 

Kriteria penilaian peringkat berdasarkan pertandingan yang telah dilakukan dan faktor kemenangan tim adalah bagian penting dari penilaian ini. Dari situs FIFA, rumus penilaian adalah P = M x I x T x C
P  = Jumlah point

M = Point For Match Result/ Poin dari hasil pertandingan
Menang 3 poin, imbang 1 poin, kalah 0 poin. Sementara untuk kemenangan dengan cara adu penalti mendapat poin 2.

I = Importance of Match/ Pertandingan penting

  • Laga persahabatan (termasuk kompetisi kecil) mendapat poin 1.
  • Kualifikasi Piala Dunia dan konfederasi-level kualifikasi mendapat poin 2,5.
  • Konfederasi level final kompetisi dan Piala Konfederasi versi FIFA.
  • Babak Final/ Utama Kompetisi Piala Dunia
T = Strenght Opposing Team/ Kekuatan Lawan
Kekuatan lawan dapat dihitungan dengan formula 200 - (dikurangi) level/peringkat lawan, pengecualian dari formula tersebut adalah bagi negara peringkat atas akan mendapat nilai 200, sementara negara dengan level 150 ke bawah mendapat nilai 50.

C = Strenght of Conferedation/ Kekuatan Zona Konfederasi
UEFA/ Conmebol = 1
AFC/CAF = 0,86
Concacaf = 0,88
OFC = 0,85

Update Juli 2019
Ketika kami mengakses data rangking di situs resmi FIFA, tim nasional Indonesia menduduki rangking ke 160. Tahu tidak siapakah yang di atas kita atau rangking ke 159? Ternyata Malaysia, tetangga kita yang sering kali ketemu di pertandingan-pertandingan Asia Tenggara.

Sayang sekali ya, padahal Indonesia sedang semangat-semangatnya menggelar kompetisi, tapi masih kalah sama Malaysia. Mungkin kalau Indonesia berhasil menjuarai satu kejuaraan, peringkat Indonesia akan langsung melesat naik ke atas. Semoga saja ke depan sepakbola Indonesia makin maju dan disegani lawan-lawannya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar