Monday, June 24, 2019

Semua Makhluk Punya Manfaat, Sekecil Apapun Itu

Kadang umpatan umpatan terdengar ketika seekor nyamuk hinggap di bagian tubuh seseorang dan orang itu marah karena tubuhnya menjadi gatal. Paling lucu ketika terdengar teriakan "Dasar nyamuk tidak berguna". Saya jadi berpikir, benarkah nyamuk yang bisa terbang dengan cepat dan lihainya begitu tidak berguna dimata manusia?

Selidik punya selidik, ternyata nyamuk, meskipun kecil dan kadang dianggap mengganggu kehidupan manusia, nyatanya masih memiliki manfaat yang begitu besar. Paling terasa adalah munculnya merek merek semprotan nyamuk seperti baygon dan sebangsanya. Tidak mungkin diciptakan alat dan zat yang ada dalam semprotan nyamuk jika tidak ada nyamuk didunia ini. Entah berapa orang yang memanfaatkan alat tersebut.

Entah berapa orang juga yang sekarang menjadi memiliki pekerjaan dikarenakan menjual semprotan nyamuk. Baik itu mereka yang bekerja di pabrik pembuatan semprotan nyamuk maupun mereka yang menjual dari retailer besar sampai pengecer yang ada di warung-warung. Begitupun dengan mereka yang tugasnya memeriksa aneka barang-barang kimia termasuk semprotan nyamuk, mereka mendapatkan manfaat secara tidak langsung dari nyamuk.

Meskipun memiliki manfaat, nyatanya seringkali nyamuk dianggap sangat mengganggu. apalagi dengan beberapa penyakit yang bisa dibawa oleh nyamuk seperti penyakit demam berdarah, malaria, cikungunya dan lain-lain. Oleh karena itu, keberadaan nyamuk yang mengganggu bisa saja dibinasakan.

Selain menggunakan semprotan nyamuk untuk membasmi nyamuk. Ada juga mereka yang menggunakan raket listrik untuk mematikan nyamuk. Namun ternyata penggunaan raket listrik ini ada yang menentangnya sebab cara kerjanya seperti membakar. Seperti pada artikel Raket Listrik Untuk Membunuh Nyamuk oleh NU.or.id. 

Tentu lebih memilih membasmi menggunakan cara-cara yang baik dan tidak menyiksa hewan. Kira-kira menggunakan alat apakah untuk membasmi nyamuk namun tidak menyiksa? Untuk pencegahan agar nyamuk tidak menggigit, bisa dengan menggunakan lotion yang dilulurkan ke tangan dan kaki, sebab area terbuka yang biasanya digigit nyamuk ada ditangan dan kaki.

Untuk mencegah bayi agar tidak digigit nyamuk bisa dengan menggunakan kelambu. Kelambu adalah semacam jaring namun lebih kecil dan tipis, bisa dipasang di atas dipan sehingga seluruh dipan/ kasur tertutup kelambu. Karena kelambu sangat rapat, nyamuk tidak akan dapat masuk ke dalam kelambu.

Semua Makhluk Punya Manfaat, Sekecil Apapun Itu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irul

0 comments:

Post a Comment