--> Skip to main content

Cara Menghapus Broken Link Di Blog Dengan Cepat

Seperti pada postingan sebelumnya saya mempublikasikan artikel cara cek broken link di blog dengan menggunakan aplikasi yang disediakan oleh https://www.brokenlinkcheck.com/. Ternyata sangat-sangat mudah dan sangat akurat. Dengan hanya 2 kali klik dan sekali input alamat blog kita, langsung deh muncul link-link yang sudah rusak.

Apa akibat jika blog memiliki broken link?

Coba saja kita masuk ke halaman blog kita sendiri yang memiliki broken link. Saat kita tertarik untuk mengklik yang direferensikan oleh artikel, tapi ternyata halaman dari link yang diklik tidak tampil, atau muncul pesan error 404, pasti sebagai pembaca kita akan merasa kecewa. Apalagi jika link yang kita klik tersebut adalah jawaban dari permasalahan yang sedang kita cari solusinya, pasti semakin kecewalah kita.

Jika pengunjung yang datang ternyata kecewa, pasti tidak akan lagi membuka-buka blog kita. Itu kalau dari satu pengunjung, kalau yang datang banyak, misalkan ribuan pengunjung, bisa-bisa reputasi blog menjadi jelek, karena ada link penting yang tidak akurat. Ditambah lagi kalau broken link pada blog kita ternyata banyak, wah makin hancur reputasi kita dimata pengunjung.

Kalau pengunjung sudah enggan mampir ke blog kita, apalagi dimata mesin pencari terutama google, pasti google akan memberikan penilaian buruk kepada blog kita, akhirnya lambat laun posisi blog kita di mesin pencari akan terus merosot dan berkurang.

Oleh karena itu penting sekali untuk memperbaiki performa blog meskipun itu hanya sebuah broken link.

Cara Menghapus Broken link di Blogger

Cara menghapus broken link yang tercepat menurut saya adalah berdasarkan jenis link yang rusak.

Menghapus Broken Link Pada Halaman Artikel.

Jika anda ingin menghapus broken link yang terdapat pada sebuah halaman artikel, maka setelah link yang rusak tersebut ketemu. Anda masuk ke dashboard blog, kemudian masuk ke halaman posting lalu cari artikel dimana terdapat link rusak. Jika link yang rusak tersebut bisa diperbaiki dengan link baru yang relevan, maka gantilah dengan link tersebut. Misalnya saja pada blog ini, karena banyak link yang rusak karena masih menggunakan domain tld, kemudian saya ganti dengan khoirulkhafidin.blogspot.com agar link bisa dibaca.

Menghapus Broken Link Pada Komentar

Untuk menghapus broken link pada komentar secara di blogger adalah dengan cara mengganti ijin komentar pada settingan di edit artikel.

Seperti pada contoh di atas, pengaturan komentar artikel sebelumnya adalah izinkan. Pengaturan saya ganti menjadi jangan bolehkan dan sembunyikan yang ada. Jadi komentar yang sudah ada termasuk komentar yang mengandung broken link akan disembunyikan. Kelemahannya, komentar yang baik pun akan disembunykan juga.

Sebagai catatan, jika tidak ditemukan lagi link yang sesuai atau link telah mati, maka jalan terakhir adalah menghapus link yang terdapat pada artikel.

Menghapus Broken Link pada Menu

Untuk menghapus broken link yang terdapat pada menu blog, anda bisa mengganti dengan label yang benar. Misalnya karena sebelumnya ganti template blog, namun lupa tidak mengubah menu yang terdapat pada template yang baru sehingga menu di template tidak sesuai dengan isi yang ada di blog kita. Sesuaikan saja menu-menunya agar menjadi link yang baik.

Seperti pada blog ini, karena menu-menu banyak yang dianggap broken link. Setelah di cek, ternyata menu-menu belum diganti masih bawaan template awal. Kemungkinan besar karena ketika mengganti template tidak langsung memperbaiki menunya.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar