--> Skip to main content

Waktu Terbaik Untuk Update Artikel Blog Jam Berapa Ya?

Memperkirakan waktu update artikel paling tepat itu jam berapa ya? Kalau melihat situs berita seperti detik.com, kompas.com, liputan6.com, sepertinya mereka memiliki jam update tersendiri. Pernahkah anda melihat situs detik.com jam 2 malam? Kalau saya perhatikan jam jam dini hari, posting atau update artikelnya cuma itu-itu saja. Artikel tidak nambah-nambah, meskipun di jam seperti itu ada peristiwa penting, tapi sepertinya memang pihak administrator sedang beristirahat sehingga tidak ada artikel baru yang muncul.
waktu paling pas untuk update artikel

Baru pada pagi hari mulai jam 6, jam 7 pagi berita mulai silih berganti. Mungkin dalam hitungan menit, media-media besar seperti detik.com selalu mengeluarkan artikel terbaru. Entah itu artikel yang benar-benar baru atau hanya kompilasi artikel dari berita yang beberapa menit lalu diposting. Kemudian sampai siang, setiap kategori pasti ada saja berita yang muncul. 
Baca juga: Cara Membuat Tombol Back To Top
Hal seperti itu memang cukup beralasan. Coba saja dipikir, kalau saja situs media mempublish artikel baru pada jam orang pada tidur, pasti yang melihat dan membaca artikel cuma segelintir orang saja. Berbeda ketika pagi hari dari jam 5 pagi, orang sudah bangun pagi dan mulai melakukan aktivitas, bertubi-tubi artikel dikeluarkan, karena pada saat itu orang mulai mencari info apa yang ada di pagi hari itu. Meskipun hanya sekedar info hasil pertandingan sepakbola atau pun info tentang seputar peristiwa hangat yang baru saja terjadi.

Jam Berapa Sebaiknya Update Artikel di Blog

Apakah sama antara blog dengan situs berita dalam hal waktu posting artikel. Tidak tahu kenapa, disetiap blog yang saya kelola, ketika mencoba sesekali update blog malam hari. Ketika tulisan selesai dibuat dan langsung saja dipublish malamnya, hasilnya, pengunjung sepertinya enggan membaca di jam-jam seperti itu. Berbeda dengan artikel-artikel yang dipublish di pagi hari, siang hari atau sore hari, hasilnya artikel lebih banyak dibaca pengunjung. Ditandai dengan banyaknya kunjungan diartikel tersebut.

Bisa jadi karena blog yang saya kelola adalah blog berbahasa Indonesia dengan target orang Indonesia sehingga jam terbaik untuk mengupdate blog adalah di pagi hari, siang atau sore hari. Kalau malam sebaiknya dihindari, sehingga malam bisa digunakan untuk memperbanyak artikel. Dan pagi harinya digunakan untuk mempublis artikel.

Berbeda dengan target pembaca adalah orang Amerika atau orang Arab Saudi, waktu update artikel bisa menyesuaikan dengan jam mereka sudah bangun tidur dan melakukan aktivitas.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar