Tips Persiapan Sebelum Pertandingan Ala Rooney

persiapan bertanding futsal ala rooney
Siapa tidak tahu Wayne Rooney, striker klub Setan Merah Manchaster United dan juga punggawa di tim Nasional Inggris. Striker yang sudah membantu membawa Manchaster United meraih beberapa Piala antara lain Liga Inggris, Piala Liga, Piala Community Shield, Piala Champion dan Piala Dunia Antar Klub ternyata punya rahasia dan cara tersendiri sebelum melakukan pertandingan. Tips Persiapan Sebelum Pertandingan ala Rooney ini berlaku bukan hanya untuk sepakbola, tips ini juga bisa dilakukan sebelum pertandingan futsal. Persiapan apa saja yang dilakukan Rooney Sebelum Pertandingan, mari kita simak.

1. Tidur
Tidur? Ko tidur? Bukan latihan menembak atau latihan dribling atau umpan? Ya itulah salah satu persiapan sebelum pertandingan yang dilakukan Rooney yaitu tidur. Menurut Rooney, dia harus tidur malam paling kurang 8 jam sebelum pertandingan. Dan setidaknya 1 sampai 2 jam pada saat siang. 

2. Visualisasi Pertandingan
Visualisasi ini dilakukan dengan membayangkan apa yang terjadi pada pertandingan besok. Jadi malam sebelum pertandingan Rooney selalu membayangkan apa yang akan terjadi besoknya. Rooney selalu menanyakan kepada kitman, apa saja perlengkapan yang akan digunakan pada pertandingan nanti. Hal ini ternyata cukup membantu Rooney dalam memvisualisasi jalannya pertandingan, seperti gerakan-gerakan yang akan dia gunakan saat menghadapi lawan. Dengan visualisasi ini memungkinan dia menjadi lebih tajam pada saat pertandingan.

3. Makan
Malam sebelum pertandingan, biasanya Rooney selalu makan ayam, pasta dan ikan, pokoknya makanan yang biasa disantap sehari-hari. Makan sepuasnya pada malam itu, sebab dipagi hari sebelum pertandingan pasti sudah jelas tidak bisa makan terlalu banyak. Dia lebih memilih CocoPops dan pisang sebagai makanan pra pertandingan. Saat di stadion telah disediakan sereal bar dan gel energi yang bisa diambil bila dibutuhkan.

4. Rutinitas Sebelum Bertanding
Rooney biasa bersepeda sekitar 15 menit, kemudian melakukan peregangan lalu relaksasi. Mungkin berbeda dengan ritual-ritual yang dilakukan oleh pemain lain, namun menurut Rooney dia hanya mencoba untuk fokus dan berkonsentrasi.

5. Musik
Musik membantu dalam relaksasi, biasanya saat diruang ganti Manchaster United, hampir setiap pemain memiliki iPod yang bisa didengarkan sendiri-sendiri. Seperti Patric Evra menyukai hip hop Perancis, dan lebih seringnya Rooney dan rekannya mendengarkan musik secara bersama.

6. Final Hour
Saat jam-jam terakhir menjelang pertandingan, Rooney sudah disediakan minuman energi 40 menit sebelum kick off. Kemudian pemanasan setengah jam sebelum kick off, sepuluh menit sebelum pertandingan dimulai masuk lagi ke ruang ganti.kemudian kick off. Itu adalah saat-saat normal ketika masuk dalam line up. Namun saat tidak menjadi starter, menurut Rooney adalah hal yang membosankan padahal ingin sekali bertanding. Dia hanya mencoba untuk tetap santai dan melakukan sesuatu untuk mengalihkan pikirannya dari pertandingan seperti bermain games.

2 Responses to "Tips Persiapan Sebelum Pertandingan Ala Rooney"

  1. harus pemanasan dulu kali ya mas sebelum maen bola agar kaki nggak kram saat maen bola. Bagus juga nih tips nya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener kali mba, emang tiap sebelum olahraga itu harus pemanasan dahulu.. makasih kunjungannya mba

      Delete