4 Cara Ajaib Meningkatkan Traffic Blog

Bingung pengunjung tidak kunjung datang ke blog? Atau sudah menulis ratusan artikel tapi pengunjung masih saja dibawah seratus perhari. Mending dibawah seratus, dibawah sepuluh perhari. Kalau blogger ga bermental bajaj eh baja pasti sudah langsung kabur menyerah, blognya ditinggalin, tidak mau ngeblog lagi. Kasihan blognya.. Tenang sobat, ada koq caranya supaya pengunjung yang datang keblog kita menjadi banyak. Cara ini tergolong ajaib, karena semua orang pasti bisa melakukannya, 4 cara ajaib meningkatkan traffic blog. 

Ini dia 4 Cara Meningkatkan Traffic Blog

1. Tulis Artikel Berkualitas
Bagaimana sih mengukur artikel itu berkualitas? Berkualitas pasti karena bermanfaat, jadi buatlah artikel yang memiliki manfaat untuk orang lain. Menurut sebuah studi, hampir 90% orang tidak mengikuti cara ini. Jadi dari berjuta-juta blog dan website yang berkeliaran di dunia maya sana, ternyata baru 10% saja yang memiliki artikel yang berkualitas.Banyak keuntungannya juga lho kalau blog diisi dengan quality content/ konten yang berkualitas, ini keuntungannya
  • Artikel berkualitas akan membawa pengunjung ke blog sobat
  • Pengunjung yang tadi sudah datang, bisa kembali lagi karena banyak informasi yang dimiliki oleh blog kita
  • Secara otomatis akan meningkatkan reputasi dari blog kita, apalagi jika reputasi ini menyebar secara mulut ke mulut
  • Ini nih, blog lain pun tidak segan-segan memberikan link gratis yang mengarah pada blog kita, yang artinya auto backlink.. waw..
  • Pasti komentar akan banyak, tapi kita juga perlu fast respon, setelah pengunjung komentar langsung kasih comment balik
  • Selanjutnya google pun akan dengan senang hati membuka lebar-lebar untuk artikel kita mejeng di page satu google.
2. Temukan Blog Dengan Konsep Yang Baik
Cara menemukan blog dengan konsep yang baik bagaimana sobat? Pertama carilah blog yang secara rutin diupdate dan dengan tata penulisan yang baik tentunya. Mempunyai pengunjung tetap, lihat saja di bagian komentar, pasti ada kan yang komentar dengan nama-nama yang selalu tetap, dan terakhir hitung kira-kira jumlah komentarnya ada 10 atau tidak. Kalau ada 10 an komentar, itu kira-kira blog dengan konsep yang baik. Kemudian, tuliskan artikel dengan memberikan link ke homepage nya blog yang sobat anggap sebagai blog yang berkualitas tinggi. Berikan apresiasi ke blog yang sobat tuju melalui tulisan diartikel sobat tadi. Misalkan dengan kata-kata, "www.bangirul.com munurut saya adalah blog paling di minggu ini". Jangan tersinggung sobat, ini hanya sebagai misal.hehehe.
Setelah membuat tulisan tadi, sobat kembali ke blog yang menurut sobat tadi bagus lalu berikan komentar dipostingan terakhir, lalu tunjukan bahwa sobat menyukai blog tersebut dan memberikan apresiasi dengan menulis artikel disalah satu postingan sobat.
Cara yang cukup simpel tapi ampuh jika diterapkan pada blog yang tepat, namun jangan terlalu banyak ya, tidak mungkin kan setiap minggu memberikan tulisan tentang beberapa blog yang lain?

3. Komentar
Blog walking istilahnya, yaitu memberikan komentar kepada blog orang lain dengan harapan blog yang kita komentari tadi akan memberikan komentar balik di blog kita, otomatis traffic blog kita akan meningkat. Selain itu dengan memberikan komentar akan menjadi backlink buat blog kita. Ada benarnya juga pernyataan ini, namun sedikit keliru. Apa sebab? Jika sobat pernah meniliti tautan yang ada di komentar blog, kebanyakan adalah bersifat nofollow yang artinya tidak memberikan dampak pada ranking di google maupun pagerank. Lalu komentar yang bagaimana yang sebaiknya kita lakukan, sehingga akan terus memberikan traffic ke blog walaupun nofollow.
  • Pilih blog dengan jumlah traffic yang tinggi, lihat dibagian komentar lagi apakah komentarnya banyak atau tidak. Komentar banyak, ya kira-kira ada 30 an komentar.
  • Sesuaikan tema blog yang akan dikomentari dengan topik blog kita. Cara mencarinya dengan mengetikan keyword sesuai dengan artikel diblog kita yaitu dengan tanda petik "Cara Membuat Blog" atau "Cara Memasak"
  • Ini yang paling sulit kayaknya, menjadi yang pertama menulis komentar atau Pertamax..
Sebagai catatan, menulis komentar juga tidak sembarang komentar. Masa sih komentarnya cuma "Keren posnya gan" atau "Mantabs". Panjangkan sedikit lah kalimatnya, sesuaikan dengan artikel yang dibuat, sehingga tidak terkesan nyepam.


4. Guest Blogging
Cara meningkatkan traffic blog selanjutnya adalah dengan guest blogging atau penulis tamu. Penulis bisa jadi tamu juga ya..? Penulis tamu biasanya karena permintaan dari pemilik blog kepada kita untuk menuliskan artikel diblognya karena mereka terkesan atau merasa tertarik dengan artikel yang kita buat. Jadi jangan segan-segan menulis dengan bahasa yang mudah dimengerti manusia ya sobat. Jangan seperti blog ini ya.. Keuntungannya menjadi guest blogging:
  • Memberikan traffic ke blog kita sebanyak orang melakukan klik kepada link yang sudah ada diartikel yang sobat tulis tadi
  • Tentu dengan adanya link dofollow diblog orang lain, akan menambah nilai dimata search engine, dan posisi serp bisa meningkat
  • Pada akhirnya blog sobat bisa dikenal oleh banyak orang
  • Ada juga guest blog yang mendapatkan reward dari pemilik blog berupa uang ataupun lainnya, jumlahnya sih tidak tentu, ada yang sampai ratusan dollar lho. Gimana sobat?

7 Responses to "4 Cara Ajaib Meningkatkan Traffic Blog"

  1. mantap gan blog nya....semoga sukses

    ReplyDelete
  2. thanks infonya sob... mau tuker pengalaman nih... kalau ada waktu maen ya ke http://suksespenuh.blogspot.com
    mohon bimbinganya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 gan.. sip.. pasti lah sesama blogger harus saling berkunjung..

      Delete
  3. Menulis artikel berkualitas itu memang cukup sulit gan. Karena itu hanya 10% yang menerapkan. Dan tidak termasuk saya. Heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener sekali gan, apalagi harus cari sumber kesana kemari ga cukup satu dua menit selesai 1 artikel.. makasih kunjungannya

      Delete
  4. Semoga blog yang saya kelola ramai juga ya mas seperti blog mas yang ini :) thanks ya

    ReplyDelete