Apa itu cairan setan Alias Aqua Regia?

aqua regia atau air raja cairan berbahaya
Lagi-lagi teknologi disalahgunakan dimana seharusnya kemajuan teknologi akan membuat manusia menjadi semakin maju dan berkembang serta dapat mensejahterakan manusia. Ini malah disalahgunakan. Aduh... Akibatnya bukan kemajuan yang didapat, justru kemerosotan dan kemunduran akhirnya timbul ketidakharmonisan. Seperti baru-baru ini terjadi, modus baru dalam pencurian kendaraan bermotor dengan menggunakan cairan, katanya sih cairan setan. Serem amat ya namanya pake nama setan segala. Atau karena maling kan perbuatan yang mengikuti setan, jadi pantas deh dinamakan dengan cairan setan. Ya, kalau namanya apapun kalau dihubung-hubungkan, dipas-pasin akhirnya ya cocok juga.hehehe

Ini yang benar dari cairan setan, Ahli Kimia LIPI Dr Linar Zalinar Udin menyatakan 'cairan setan' yang digunakan para pencuri ini disebut sebagai Aqua Regia. Cairan ini sangat korosif sehingga bisa melarutkan logam. Apa sebenarnya kandungan dari Aqua Regia? Menurut Dr. Linar Zalinar Udin lagi, Aqua Regia adalah campuran antara HNO3 dan HCl. Keduanya adalah cairan asam yang kuat dan sama-sama bersifat korosif. Kena logam saja bisa meleleh, apalagi kena tangan bisa langsung melepuh. Bahaya banget kan..


HCl termasuk zat kimia berbahaya yang tergolong B3. Dalam jumlah yang sesuai takarannya di dalam tubuh manusia, HCl berguna untuk membantu mencerna makanan agar cepat lunak dan hancur sehingga sari-sari makanannya mudah diserap oleh tubuh. HCl atau biasa disebut dengan asam klorida juga banyak digunakan dalam berbagai industri seperti pembuatan bahan vinil klorida sebagai senyawa utama dalam pembuatan PVC (biasa untuk pipa). Senyawa yang ditemukan pertama kali oleh Abu Musa Jabir bin Hayyan juga digunakan dalam industri logam untuk membersihkan karat dan kerak besi oksida dari besi atau baja. Dan masih banyak lagi kegunaan HCl.

Sementara HNO3 atau sering disebut dengan Asam Nitrat adalah zat kimia yang tergolong sebagai asam kuat dan sama seperti HCl juga tergolong sebagai bahan kimia berbahaya (B3). Asam nitrat memiliki kegunaan yang sangat banyak dan bervariasi. Salah satunya adalah sebagai bahan dalam pembuatan bahan peledak TNT. Disamping itu dapat juga digunakan dalam pemurnian logam berharga seperti platina, emas, dan perak.Selain itu HNO3 dapat menghilangkan kerak kalsium dan magnesium yang menempel pada alat-alat.

Aqua Regia sebagai senyawa yang dihasilkan dari pencampuran antara HCl pekat dan HNO3 pekat sebenarnya biasa digunakan untuk pelarut logam mulia, emas dan platina. Aqua regia sering juga disebut sebagai air raja.

Dari beberapa hal diatas, sebenarnya banyak sekali kegunaan dari aqua regia maupun bahan-bahan yang menyusunnya. Namun karena jatuh kepada orang yang salah dan memiliki tujuan yang salah pula, akhirnya kegunaannya menjadi tidak optimal bahkan merugikan orang lain.

Semoga dari peristiwa tersebut bisa membuka mata semua orang, bahwa ada produk-produk tertentu yang tidak bisa dijual bebas. Dan jika tidak dijual bebas pun tetap memegang teguh aturan untuk tidak menjual secara sembarangan walaupun tidak di awasi. Beberapa kasus terjadi karena ada penyalahgunaan produk yang seharusnya hanya diperuntukan kepada kalangan tertentu saja penjualannya namun bisa sampai ke tangan mereka yang memang punya niat untuk menyalahgunakan

1 Response to "Apa itu cairan setan Alias Aqua Regia?"

  1. Harus di pasangin GEMBOK TAHAN SIKSA seperti ini :
    http://youtu.be/D1PkA0gpNn8

    ReplyDelete