--> Skip to main content

Cara Cek Broken Link di Blog Tanpa Instal Aplikasi

Meskipun blog ini sudah lama sekali vakum, tapi sayang sekali kalau ditinggal begitu saja. Kemarin coba iseng-iseng menambahkan blog ini ke google adsense, siapa tahu bisa disisipin script code adsense. Walaupun lama tidak aktif, tapi lumayan, tiap hari masih ada pengunjung yang masuk, berarti masih ada trafic, meskipun. Saya masuk ke akun google adsense, kemudian menambahkan blog khoirulkhafidin.blogspot.com ke adsense.

Beberapa hari kemudian mendapatkan email kalau blog saya ini ditolak dengan alasan tidak sesuai kebijakan. Saya berpikir sejenak, bukannya dulu blog ini juga pernah digunakan untuk mendapatkan google adsense, cuma diredirect ke top level domain dan berhasil. Kenapa sekarang untuk sekedar memasang kode script adsense malah ditolak? Pertama sih saya biarin saja, toh ini cuma iseng saja, diterima ya syukur gak juga gak apa-apa. Toh masih ada blog lain yang masih running.

Tapi kemarin pas lagi buka-buka email, jadi teringat lagi kalau ada blog yang ditolak, langsung saja saya buka akun adsense dan pilih menu situs untuk mengetahui apakah gerangan yang membuat blog ini ditolak. Ternyata ada tulisan yang menyatakan kalau ... Kok bisa ya, perasaan semua menu sudah ada, mulai dari about us, desclaimer, kontak, sitemap, kenapa masih dianggap tidak memenuhi kebijakan.

Saya browsing deh di google, ternyata nemu juga pembahasan kalau salah satu yang harus diperbaiki adalah broken link. Tapi saya ingat-ingat, sepertinya tidak ada broken link diblog saya, kalaupun ada, berarti harus satu-satu cek perhalaman. Padahal halaman diblog sudah lebih dari 200 an halaman dengan link yang pasti lebih banyak dari halaman, wah pasti akan sangat repot dan menghabiskan waktu serta tenaga. Akhirnya saya browsing lagi dengan keyword, bagaimana cara cek broken link di blog. Nemu lah blog yang membahas bagaimana mengetahui broken link di blog tanpa repot.

Saya menggunakan https://www.brokenlinkcheck.com/ untuk mengecek link yang broken di blog. Mudah sekali untuk menggunakannya, tanpa tutorialpun semua blogger pasti bisa. Tinggal memasukan alamat blog kita di kotak text box yang ada seperti gambar di bawah ini.
cara cek broken link di blog

Masukan alamat blog kita di kotak merah seperti gambar di atas. Setelah saya masukan, kemudian klik find broken link, akan muncul halaman baru yaitu untuk memasukan kode chapchta seperti gambar berikut:
cara memperbaiki broken link di blog

Setelah itu klik lagi find lagi broken links now. Ternyata setelah diklik, muncullah satu persatu broken link di blog saya. 
cara menghapus broken link di blog
Dan hasilnya adalah blog sudah memiliki 366 halaman, ternyata lebih dari 300 dan hampir 400 halaman. Jumlah broken link yang ditemukan adalah 68 link. Seperti yang terlihat link link yang adalah dari domain tld yang terpasang di blog ini. Begitupun dengan komentar, pada artikel ternyata bisa menjadi sebuah broken link karena referensi link pada komentar sudah tidak ada. 

Kalau melihat hasil dari pengecekan broken link, lumayan juga nih kalau harus satu-satu. Tapi gak apa lah,yang penting blog kembali sehat dan bugar seperti sediakala. Besok-besok cari lagi info cara menghapus broken link secara otomotis di blog, terutama blogger?
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar