--> Skip to main content

Cara Eksport dan Import Postingan Blogger

Guru yang terbaik adalah dari pengalaman, mungkin memang benar adanya. Sebab baru saja saya mengalaminya setelah sebelumnya kebingungan bagaimana sebenarnya cara memindahkan isi blog yang satu ke dalam blog yang lain, tentu dengan platform yang sama. Kebetulan postingan yang saya pindahkan berplatform blogger/ blogspot. Ternyata cukup mudah, hanya tinggal eksport dan import.

Eksport yaitu menyimpan postingan dari blog lama kedalam file berbentuk xml. Caranya
  1. Masuk kedalam menu setting atau setelan
  2. Pilih menu lainnya atau other
  3. Pada Alat blog atau blog tools ada tiga pilihan yaitu import blog, eksport blog, dan hapus blog, pilih yang eksport blog dengan mengkliknya
  4. Jika ada peringatan atau pemberitahuan tentang eksport blog, klik unduh blog, kemudian secara otomatis postingan akan didownload dalam bentuk xml.


Setelah didownload, buka blog lain yang akan di isi dengan postingan blog lama, masuk ke menu setelah seperti langkah diatas, kemudian klik import blog. Pilih file hasil eksport tadi, jangan lupa untuk memasukkan kode chaptcha dan klik ok, blog baru anda sudah terisi dengan postingan blog lama anda.
Mudah bukan..

Apa fungsi export di blogger?
Export ini berfungsi untuk membackup data blogger. Semua artikel baik yang telah di publish maupun yang masih dalam bentuk draft, akan terexport dalam format xml. Karena blogspot ini milik google dan kadang kalau blog yang kita miliki menyalahi aturan, google tidak segan-segan untuk menghapus blogspot kita. Meskipun blog kita memiliki trafic ratusan ribu perhari dengan jumlah artikel puluhan ribu, google tidak peduli.

Lantas kalau sudah dihapus google, siapa yang rugi? Tentu kita sebagai pemilik blog akan sangat rugi. Lebih-lebih kalau puluhan ribu artikel yang ada dihapus tanpa dapat kita klaim kembali. Export di blogger adalah salah satu cara backup artikel di blogger agar lebih aman.

Setelah di export, ada lagi menu import dimana fungsinya berkebalikan dengan fungsi export. Import di blogger akan mengembalikan artikel dari format xml ke artikel draft. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar