--> Skip to main content

Cara Mendapatkan Domain .com

Setelah bertahun-tahun ngeblog, akhirnya di tahun 2013 ini blog saya bisa juga punya TLD. TLD apa lagi itu? TLD adalah singkatan dari Top Level Domain seperti .com atau .us atau org atau ac.id dan lain-lain, jadi bukan lagi dibelakangnya ada namablog.blogspot.com atau wordpress. Bukan cara yang sulit ternyata mempunyai domain TLD, tinggal cari saja website yang menawarkan jasa pembelian domain seperti di rumahweb.com atau masterweb.net atau idwebhost.com. Hanya membutuhkan dana Rp 55.000 untuk web.id dan cukup Rp 95.000 untuk .com, tidak perlu paypal atau kartu kredit. Namun jika punya juga tidak apa, diweb yang sudah saya sebutkan tadi juga menyediakan pembayaran melalui paypal.

Pembayaran bisa dilakukan dengan cash atau dengan transfer melalui bank.
Setelah itu tinggal konfirmasi bahwa telah melakukan pengiriman atau pembayaran, dan setelah diproses beberapa saat nantinya domain sudah aktif dan siap digunakan.

Kenapa harus dengan domain .com?

1. Trust

Ketika pengunjung sebuah blog membaca artikel di blog, tidak serta merta artikel langsung diserap begitu saja. Begitupun jika seseorang ingin menshare kepada orang lain baik secara langsung melalui email, atau menggunakan sosial media seperti facebook, twitter. Pengunjung terlebih dahulu memilih dan memilah, siapa sih yang membuat artikel. Blog apa sih yang membagikan artikel ini.

Kalau ekstension yang dipakai blog adalah blog gratisan seperti wordpress/ blogspot, biasanya pembaca selektif akan menyingkirkan sumber dari blog gratisan. Tapi kalau akhiran blog adalah .com, biasanya tanpa mikir mikir lagi akan langsung dishare. Itulah faktor trust, orang akan lebih percaya pada blog dengan akhiran .com (dot com).

2. Lebih Gampang Di Ingat

Kalau blog dengan alamat blablablabla.blogpsot.com orang cenderung malas menghapal. Beda jika blog adalah .com, orang lebih gampang untuk mengingatnya karena biasanya karena hanya satu tulisan saja.

3. Bayar

Untuk mendapatkan domain .com, kita harus membayar ke penyedia domain seperti yang sudah saya sebutkan di atas. Kalau sudah membayar, sepertinya sangat sayang kalau tidak dikelola dengan serius. Beda dengan yang gratisan, biasanya akan lebih gampang untuk mengabaikan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar