Bahayakah Xylene dalam Spidol boardmaker?

Suatu kali saya iseng-iseng baca-baca tulisan spidol boardmaker, itu loh spidol yang buat nulis di white board dan sifatnya erasable alias bisa dihapus kembali dan ga bikin macet dan tulisannya begini "keep away from children". Saya jadi berpikir sejenak, kenapa harus dijauhkan dari anak, berbahayakah spidol ini buat anak? Saya pikir dari bentuknya sudah aman, tidak ada yang tajam atau dapat melukai. Jika ditelan pun tidak mungkin. Atau mungkin takut baju anak jadi tercorat-coret? Tapi kan sekarang sudah ada ditergen anti noda yang katanya bisa ngapus noda yang membandel.
Aduh jadi apa dong yang membahayakan dari spidol jenis ini buat anak..?
Langsung saja browsing di internet dan ternyata benar ada beberapa kandungan zat kimia yang cukup berbahaya tidak hanya buat anak tetapi juga buat orang dewasa.

Dikutip dari www.detik.com ada beberapa kandung bahan kimia di dalamnya dan salah satunya adalah xylene yaitu bahan kimia yang memiliki aroma khas yang tidak hanya digunakan pada spidol tapi juga pada tinner, cat dan vernis. Xylene adalah bahan kimia beracun yang ditemukan pada banyak barang-barang rumah tangga. Partikelnya yang kecil paling mungkin memasuki tubuh ketika dihirup. Menghirup racun dalam spidol dapat memiliki efek jangka pendek dan jangka panjang. Bahan kimia ini dapat menimbulkan gejala inhalasi mirip ketika orang menggunakan obat penenang atau alkohol, yang efeknya bisa bertahan hingga 15 sampai 45 menit.

Xylene merupakan bahan kimia yang memiliki rumus C6H4(CH3)2. Nama lain dari xylene antara lain xylol, dan dimetilbenzene. Xylene memiliki berat molekul 106,17 gram/mol dengan komposisi karbon (C) sebesar 90,5% dan hidrogen (H) 9,5%. Xylene memiliki tiga isomer yaitu ortho-xylene, meta-xylene dan para-xylene.

Xylene merupakan cairan tidak berwarna yang diproduksi dari minyak bumi atau aspal cair dan sering digunakan sebagai pelarut dalam industri (G.A.Jacobson dan S. McLean, 2003). Xylene pada aspal cair pertama kali ditemukan pada pertengahan abad ke 19. Nama dari xylene berasal dari bahasa latin ”wood xulon” karena xylene dapat diperoleh dari hasil destilasi kayu tanpa kehadiran oksigen (Richard L. Myers, 2007).

Dari hasil studi yang dikutip dari Toxicological Profile for Xylene, Agency for Toxic Substances and Disease Registry, efek jangka pendek dari xylene bisa mengganggu pernapasan, pusing, sakit kepala dan kehilangan memori jangka pendek.

Sedangkan efek jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan otak permanen dan kerusakan hati, ginjal dan sistem saraf pusat.

Untuk mengatasi bahaya tersebut, sebaiknya jangan gunakan spidol dengan jarak dekat atau dalam jangka waktu yang lama. Juga jangan dengan sengaja menghirup spidol dan batasi penggunaannya.

Ventilasi ruangan yang baik, segera mencuci tangan dan sering-sering bernapas dalam udara yang segar dapat mengurangi dampak dan bahaya dari debu kapur tulis dan juga partikel spidol.


0 Response to "Bahayakah Xylene dalam Spidol boardmaker?"

Post a Comment