Kandungan PET pada botol kemasan plastik

Memanfaatkan barang yang sudah tidak terpakai adalah salah satu cara untuk melestarikan lingkungan. Diantaranya dengan menggunakan botol bekas minuman seperti aqua dan sejenisnya untuk kembali digunakan sebagai tempat minuman. Saya juga dulunya suka memanfaatkannya seperti itu. Tapi ternyata ada berita yang menghebohkan, pada bawah plastik botol minuman terdapat tanda segitiga dengan tulisan 1 PET.
Tanda seperti disamping biasa digunakan untuk botol kemasan air mineral, botol minyak goreng, kecap, saus, jus dll. Kode 1 pada lambang disamping juga untuk menerangkan warna transparan pada plastiknya dan hanya digunakan sekali pakai. Dan semakin lama zat berada dalam botol ini, kandungan kimia nya akan semakin banyak.

Hal yang perlu diperhatikan adalah plastik kemasan dengan tanda ini hanya digunakan untuk sekali pakai, tidak untuk digunakan pada air panas dan harus dibuang jika sudah dipakai.

Perlu diketahui PET adalah singkatan dari Polyethylene Terephthalate, suatu senyawa kimia termasuk golongan ester: polyester termoplastik linier yang disintesis melalui esterifikasi dengan asam tereftalat (TPA) dan etylen glycol (EG) atau dengan transesterifikasi dimetil tereftalat dan etilen glikol. PET memiliki kekuatan mekanik yang tinggi, transparan, tidak beracun, tidak pengaruh pada rasa, dan permeabilitas yang dapat diabaikan untuk karbon dioksida.

Botol kemasan yang dibuat dengan PET, jika digunakan terlalu sering dan terpengaruh dengan suhu tinggi/ panas akan menyebabkan melelehnya lapisan polimer pada botol tersebut dan akan mengeluarkan zat yang bersifat karsinogenik (beracun).

0 Response to "Kandungan PET pada botol kemasan plastik"

Post a Comment