Bahaya Narkoba Supaya Kita Tahu

bahaya narkoba
Tulisan ini terinspirasi dari maraknya pemakai narkoba di kalangan artis. Seperti yang baru-baru ini diberitakan, yaitu salah seorang artis yang terkenal lewat sinetron dan bintang iklan Roger Danuarta Overdosis di dalam mobil yang ditumpanginya. Saat ditemukan, jarum suntik masih menempel dilengan tangannya. Diketahui, Roger Danuarta overdosis lantaran memakai obat-obatan terlarang jenis heroin. Beruntung nyawanya masih bisa diselamatkan, ternyata artis tersebut ternyata hanya tertidur saja didalam mobil lantaran terlalu banyak kadar zat psikotropika yang dia konsumsi bukan overdosis seperti yang diberitakan sebelumnya. Beberapa bulan yang lalu juga masih teringat, seorang gitaris salah satu band terkenal tergaruk dalam operasi penggrebekan yang dilakukan aparat kepolisian lagi-lagi karena mengkonsumsi zat psikotropika jenis ganja.

Mungkin jika ditelisik satu persatu, sudah puluhan bahkan ratusan artis yang terjebak dalam racun yang disebut dengan narkoba tersebut. Bahkan beberapa diantaranya hingga meregang nyawa demi kenikmatan sesaat narkoba. Lebih jauh lagi dengan melihat data pengguna narkoba di situs resmi Badan Narkotika Nasional pengguna narkoba di Indonesia telah mencapai 5 juta jiwa dan mayoritas penggunanya adalah laki-laki.

Dengan banyaknya jumlah pengguna narkoba di Indonesia, tentu menjadi hal yang cukup memprihatinkan. Apalagi mayoritas adalah generasi muda yang seharusnya bersiap menjadi penerus untuk membangun dan mensejahterakan bukan hanya keluarga tapi juga bangsa. Justru malah menghancurkan diri sendiri dengan mengkonsumsi narkoba.

Supaya tidak penasaran dengan narkoba dan nantinya malah mencobanya sebaiknya sobat semua mengetahui dulu apa bahaya narkoba itu.

1. Bahaya Narkoba Untuk Kesehatan
Penyalahgunaan narkoba sangat fatal akibatnya bagi kesehatan tubuh bahkah bisa menyebabkan kematian. Di Indonesia, setiap hari hampir 50 orang meninggal akibat narkoba. Tentu jumlah yang sangat mengerikan. Ini akibat dari efek zat-zat jenis psikotropika. Pada tubuh manusia, zat tersebut akan secara langsung mengganggu kerja otak. Padahal otak adalah sumber dari segala aktivitas tubuh. Jika kerja otak terganggu otomatis tubuh menjadi terganggu. Timbulnya halusinasi, stimulan, adiktif dan lain-lain adalah akibat dari kerja otak yang terganggu. Merokok saja dapat mematikan jutaan sel otak apalagi penggunaan narkotika pasti lebih banyak lagi, dan dampaknya untuk kesehatan tubuh pasti lebih hebat lagi.

2. Bahaya Narkoba Untuk Lingkungan Sosial
Bukan hanya kesehatan yang terganggu, perilaku sosial pengguna narkoba pun akan terganggu. Sebagaimana kita tahu, narkoba adalah sesuatu yang dilarang baik oleh negara maupun agama. Narkoba pasti akan mengakibatkan ketidaktenangan dan ketidaknyamanan bagi penggunanya, karena sesuatu hal yang terlarang namun tetap dilakukan mengakibatkan keadaan menjadi tidak normal/ abnormal. Hanya orang bodoh saja yang mau menjadi abnormal dengan mengkonsumsi narkoba.

Selain itu, jika seseoarng telah teradiksi atau kecanduan, fokus hidupnya bukan untuk membina lingkungan sosial namun lebih kepada bagaimana agar bisa memenuhi kebutuhannya yaitu narkoba.Dan paling menakutkan adalah pecandu narkoba menjadi anti sosial. Sudah banyak berita dan cerita kehancuran keluarga pecandu narkoba. Juga banyak pelajar dan mahasiswa dropout akibat narkoba, tentu saja masa depan mereka menjadi suram.

3. Bahaya Narkoba Untuk Psikis
  • Seorang pekerja akan menjadi lamban dalam bekerja, sering tegang dan gelisah tanpa sebab
  • Hilang percaya diri, minder, merasa bersalah, suka berimajinasi/ berkhayal, curiga kepada siapapun
  • Sulit berkonsenstrasi, sulit menghafal, bahkan yang dahulunya pintar menjadi bodoh, sering tertekan
  • Akibat dari tertekan, suka menyakiti diri, merasa tidak aman, dan hingga bunuh diri.
Sekelumit bahaya narkoba yang mudah-mudahan menjadi penghambat kita dan sobat semua untuk tidak sekali-kali mendekati narkoba apalagi mencoba. Tapi jika narkoba jenis ini boleh saja NARKOBA (Nasi Rames Kopi Bakwan).

0 Response to "Bahaya Narkoba Supaya Kita Tahu"

Post a Comment