5 Macam Fungsi Penting Email

Buat para pengguna internet, email pasti sudah tidak asing lagi. Email atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan surel (surat elektronik) adalah sarana/ tempat mengirimkan pesan dan surat baik itu resmi maupun tidak resmi, baik dikirim oleh perusahaan maupun oleh perorangan melalui jaringan komputer. Mudahnya membuat email menjadikan orang mudah juga memiliki email. Apalagi banyak layanan internet yang memberikan email gratis kepada para penggunanya seperti gmail, yahoo dan microsoft. Dengan semakin berkembangnya teknologi, fungsi email juga mengalami perkembangan bukan hanya untuk mengirim surat. Berikut beberapa macam fungsi email:

FUNGSI EMAIL
1. Untuk mengirim surat
Seperti kata asalna, mail yang artinya surat, fungsi email adalah mengirim surat. Seseorang yang ada dinegara tertentu di suatu benua dapat mengirimkan surat dengan dilampiri dokumen kepada orang lain di negara lain dan benua lain, sehingga orang tersebut dapat membacanya.

2. Untuk menyimpan file
Selain flashdisk, cd/ dvd dan harddisk, email juga bisa dimanfaatkan untuk menyimpan file. Dengan memanfaatkan menu draf atau rancangan yang ada di email, dapat digunakan menyiman dokumen dan tulisan. Jika sewaktu-sewaktu lupa flashdisk, sobat tidak perlu khawatir, karena selama ada jaringan internet email dapat dibuka dan dokumen yang diperlukan dapat dibuka atau didownload.

3. Menulusuri Dokumen Yang Hilang
Misalkan sobat telah mengirimkan dokumen kepada seseorang melalui email beberapa bulan atau tahun yang lalu. Sementara saat ini dokumen sedang diperlukan dan ternyata komputer tempat menyiman dokumen mati, sehingga cukup dengan menelusuri history pengiriman dokumen, sobat bisa menemukan dokumen yang telah dikirimkan beberapa waktu yang lalu.

4. Untuk Melamar Pekerjaan
Tidak seperti dulu, melamar pekerjaan harus dengan dokumen setumpuk, kemudian dimasukkan ke amplop dan dikirimkan ke perusahaan yang akan dilamar. Saat ini orang melamar pekerjaan cukup mudah, tinggal melihat informasi di koran atau internet kemudian disitu dicantumkan alamat email perusahaan. Cukup dengan menulis surat lamaran di badan email, lalu lampirkan dokumen-dokumen pendukung seperti pas foto, scanan ijazah, sertifikat dan lain lain, lalu kirimkan ke alamat email bagian hrd perusahaan. Dan untuk mendapatkan informasi panggilan tes, tunggu saja balasan email atau telefon. Tidak menunggu datang Pa Pos datang ke rumah.

5. Untuk Mendaftar di Sosial Media
Untuk mendaftar di facebook dan tweeter, sangat mudah dilakukan. Kalau punya email, sudah pasti bisa mendaftar ke facebook atau tweeter.

0 Response to "5 Macam Fungsi Penting Email"

Post a Comment