6 Manfaat dan Keuntungan Bangun Pagi

manfaat-dan-keuntungan-bangun-pagi
Jam berapa anda biasanya bangun pagi? Jam 4 atau jam 5 atau 6, jam 7 atau malah jam 10 pagi. Kalau jam 10 masih termasuk pagi atau siang ya...? Hehehe.. Kalau hari biasa, hari kerja maksudnya orang cenderung bangun pagi mengikuti pola masuk ditempat kerjanya. Namun untuk hari libur biasanya orang akan menghabiskan hari liburnya untuk beristirahat, biasanya akan bangun lebih siang dari biasanya. 
 
Bangun pagi untuk sebagian orang ternyata sulit sekali dilakukan, apakah anda termasuk? Sudah menyalakan alarm jam 5 pagi dengan volume yang paling tinggi namun ketika alarm berbunyi tetap saja tidak bangun, atau bangun cuma sekedar mematikan alarm. Mudah-mudahan dengan tahu manfaat dan keuntungan bangun pagi, bangun pagi bukan menjadi masalah malah menjadi sebuah kebutuhan

Manfaat dan keuntungan bangun pagi
1. Bangun Pagi Punya Waktu Lebih Untuk Olahraga
Sebagaimana kita tahu, olahraga adalah satu hal yang sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Apalagi jika dilakukan dipagi hari dimana udara masih sejuk, belum banyak asap kendaraan bermotor yang beterbangan. Bangun pagi akan memberikan kesempatan kepada kita mempunyai waktu lebih untuk berolahraga. Bisa joging, jalan sehat, lari pagi, bersepeda dan lain-lain.

2. Bangun Pagi Maka Nilaimu Akan Meningkat
Sebuah studi di Universitas Texas mengemukakan bahwa siswa yang terbiasa bangun pagi setiap hari benar-benar mendapatkan nilai yang lebih baik dan pada keseluruhan mata pelajaran dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah atau jarang bangun pagi. Buat yang masih sekolah neh, segera tinggalin kebiasaan bangun siang biar nilai jadi lebih baik.

3. Bangun Pagi Membantu Diet Sehat
Orang yang bangun siang biasanya akan melewatkan sarapan, padahal sarapan adalah satu cara mendapatkan nutrisi sehat dipagi hari. Nutrisi tersebut akan membuat kita berenergi dan lebih fokus. Selama tidur kurang lebih 6 sampai dengan 8 jam, tubuh anda sama dengan melakukan puasa, setelah berpuasa perlu berbuka. Ketika anda melewatkan sarapan, setelah itu akan merasakan kelaparan dan waktu makan selanjutnya anda akan makan berlebihan dan dimungkinkan makanan yang tidak sehat. Sarapan menjadi dasar untuk membangung kebiasaan makan makanan sehat dan mengurangi makanan sampah (junk food)

4. Produktivitas Meningkat Dengan Bangun Pagi
Banyak orang sukses yang mempunyai kebiasaan bangun pagi, seperti Paul Polman (CEO Uniliver), Ursula Burns (CEO Xerox), Dan Akerson (CEO General Motor), Jean-Martin Folz (Mantan General Manager Peugeot) dan lain-lain. Kesuksesan biasanya dihubungkan dengan produktivitas. Semakin tinggi produktivitas seseorang akan semakin sukses orang, begitu juga sebaliknya. 

5. Bangun Pagi Membuat Mental Lebih Sehat
Dengan bangun pagi, akan menghilangkan stres dengan menghilangkan kebutuhan yang mendadak dipagi hari. Bangun pagi akan membuat anda lebih berpikiran positif. Sebuah studi menunjukan bahwa orang yang bangun pagi memiliki sikap positif dalam kesehariannya dan lebih optimis serta lebih segar cerah mukanya.

6. Kualitas Tidur Akan Meningkat
Orang yang terbiasa dengan bangun pagi akan memiliki kebiasaan dan rutinitas tidur yang baik. Tidur lebih awal dan dilakukan setiap hari.  Menurut banyak ahli tidur, mengatakan bahwa sangat penting untuk menetapkan rutinitas tidur yang tepat untuk meningkatkan kualitas tidur anda. Dan hal ini juga akan membantu anda dalam membentuk "alarm pribadi" tubuh anda dalam sebuah rutinitas harian. Hal membuat anda akan lebih mudah untuk tidur dan bangun secara alami.

2 Responses to "6 Manfaat dan Keuntungan Bangun Pagi"

  1. Kalau saya Bangun Pagi gak beraturan, Kadang Jam 4,Jam 5,7,8 , Palig lat Jam 8 Pagi,,soalnya Jam 8:30 sudah harus masuk Kantor.

    Tapi memangs sebaiknya lebih awal lebih baik,,terima kasih Informasinya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya memang untuk bangun pagi itu susah dilakukan, apalagi bagi mereka yang biasa tidur larut, baik karena begadang misal ronda atau karena kerja..
      Terima kasih juga atas kunjungannya..

      Delete