7 Negara Terkorupsi Di Dunia

Korupsi satu kata yang sering sekali disebut di Indonesia. Bukan hanya oleh kalangan pejabat, bahkan kalangan menengah hingga petani dan buruh pun sudah sangat akrab dengan istilah korupsi. Apalagi pada masa kampanye seperti sekarang, korupsi menjadi slogan, slogan untuk diperangi dan dihancurkan. Dan memang korupsi layak diperangi, bukan hanya di Indonesia saja, tetapi didunia. Hingga sebuah lembaga dunia pun mencatat perilaku korupsi masing-masing negara dan memberikan penilaian berdasarkan tingkat korupsi pada masing-masing negara.

Lembaga dunia yang memeringkat negara berdasarkan tingkat korupsi adalah Transparency. Ada sebanyak 177 negara yang dinilai oleh lembaga ini. Skala penilaian dari 0 sampai dengan 100, dimana 100 adalah negara yang benar-benar bersih dari korupsi. Namun ternyata di dunia ini tidak ada satupun negara yang benar-benar bersih dari korupsi, karena yang menduduki peringkat pertama adalah Denmark dan New Zealand dengan total skor sama yaitu 91, menyusul berikutnya adalah Finlandia dan Swedia dengan skor 89 diikuti oleh Norwegia dan satu negara Asean yaitu Singapura. Itu adalah 5 besar negara terbersih di dunia dari ancaman korupsi.

Dan untuk negara terkorupsi di dunia, apakah Indonesia termasuk salah satu diantaranya? Kita cek satu persatu negara tersebut

1. Iraq
Iraq salah satu negara yang berada dikawasan Asia Barat menduduki peringkat ke 171 atau peringkat ke 7 negara terkorupsi di dunia. Setelah kurang lebih 24 tahun pemerintahan Saddam Husein yang berakhir dengan invasi Amerika Serikat tahun 2003. Beberapa pejabat di Iraq terindikasi melakukan korupsi. Korupsi di Iraq tidak terkendali akibat sistem pemerintahan yang buruk setelah terjadinya invasi oleh Amerika Serikat. Sistem yang dibuat oleh pemerintah tidak mempan menanggulangi adanya korupsi yang dilakukan oleh pejabat papan atas di Iraq

2. Libya
Salah satu negara di Afrika utara yang berbatasan dengan Mesir. Pada tahun 2011 terjadi gejolak di Libya. Pemimpin Libya yang sudah berkuasa lebih dari 4 dekade lamanya tumbang yaitu Muammar Khadafi. Bergantinya kekuasaan dan timbulnya perang saudara mengakibatkan Libya menjadi kacau. Akibat adanya kekuasaan yang mutlak dan kekuasaan yang terus menerus pada masa Khadafi, tentu banyak terjadi penyimpang-penyimpangan termasuk korupsi. Libya menduduki posisi ke 6 negara terkorupsi di dunia dengan nilai 15 menurut Corruption Perceptions Index Tahun 2013.

3. Sudan Selatan
Sudan Selatan pada tahun 2013 ini baru pertama kali masuk dalam penilaian tingkat korupsi dan masuk ke dalam 5 besar negara terkorup didunia. Mendapat nilai index total 14 berada di peringkat 173 dunia atau ke 5 negara terkorupsi. Hal ini karena Sudan Selatan adalah negara yang baru saja terbentuk dan masih sangat memerlukan waktu dan tenaga dalam membangun tata pemerintahan yang bersih dan baik.

4. Sudan
Masuk peringkat ke 4 dengan nilai 11 adalah Sudan. Sebagaimana kita tahu Sudan sedang mengalami konflik regional di daerah Darfur dan Chad. Adanya konflik tersebut tentu saja menjadikan pemerintahan menjadi tidak stabil. Adanya kekuasan yang berlebih pada masing-masing daerah dan kekuatan yang lemah pada pemerintah pusat membuat rentan terjadinya korupsi.

5. Afganistan
Seperti halnya Iraq, Afganistan adalah negara berikutnya yang telah bertahun-tahun diduduki oleh pasukan asing namun sampai sekarang belum juga bisa menuntaskan perkara-perkara korupsi di negara tersebut. Afganistan tercatat mendapat nilai index korupsi 8 menempatkannya pada posisi ke pertama negara terkorupsi di dunia berbagi tempat dengan dua negara lainnya. Afganistan selama ini menghadapi permasalahan dalam menyatukan beberapa etnik yang berbeda-beda.

6.  Korea Utara
Negara tetangga Korea Selatan ini menduduki posisi yang sama dengan Iraq dengan index korupsi bernilai 8. Kore Utara sering disebut sebagai negara yang terbelakang, statis, tirani dan militer yang sangat kuat, namun juga merajalelanya korupsi. Walaupun pemerintahan bertangan besi namun karena faktor hubungan keluarga dan kekerabatan yang kuat sehingga pemerintahan tidak ragu-ragu untuk memberikan dana dan posisi pada keluarga dan teman-temannya dari pada berdasarkan atas prestasi.

7. Somalia
Negara termiskin di dunia dengan tingkat konflik internal yang sangat tinggi menduduki posisi yang sama dengan Iraq dan Korea Utara. Negara ini juga memiliki tingkat pembajakan yang tinggi.

Itulah 7 negara dengan tingkat korupsi tertinggi di dunia, ternyata Indonesia tidak masuk ke dalam salah satunya. Dan menurut http://www.transparency.org Indonesia berada di peringkat 114 dengan nilai 32 sama dengan Mesir.

0 Response to "7 Negara Terkorupsi Di Dunia"

Post a Comment