Review HTC One M8

Pabrikan asal Taiwan, HTC baru saja meluncurkan smartphone terbaru nya pada 27 Maret 2014. Setelah pada tahun 2013 yang lalu HTC One meraih penghargaan smartphone terbaik versi GSMA Global Mobile Award. Baru pada versi kali ini produk HTC menjadi smartphone dengan bahan utama logam. Hampir 90% bodi utama HTC One M8 terbuat dari logam, dibandingkan dengan Galaxy S yang lebih dominan terbuat dari plastik.

Disarikan dari theguardian.com

HTC One M8 memang lebih mengutamakan design daripada hal lain. Jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy S5 atau Apple iPhone 5S, HTC One M8 tidak memiliki fiture sensor sidik jari, juga tidak ada monitor pendeteksi denyut jantung dan tidak ada pengisian daya secara nirkabel, walaupun fiture-fiture tersebut masih diperdebatkan tentang kegunaannya dan seberapa pentingnya.

HTC telah membuat seluruh body HTC One M8 menjadi satu kesatuan tunggal, casing logam yang melengkung tanpa penghubung plastik langsung masuk pada ujung kaca pada layar depan. kasus logam melengkung tunggal yang membungkuk di sekitar tepi untuk kaca depan layar. Pada HTC One keluaran tahun 2013 masih menggunakan plastik pada ujung-ujungnya dan diversi M8 kali ini plastik benar-benar dihilangkan. Untuk antena radio, bluetooth, wifi dan GPS langsung terintegrasi pada casing metal M8.

Hal yang cukup mengejutkan adalah dalam penyiapan produk ternyata memakan waktu sekitar 13 tahun. Tentu saja waktu yang sangat lama, hal ini agar produk yang dihasilkan memiliki kualitas yang mumpuni. Lihat saja, hasilnya sangat halus, melingkar dibelakang (casing belakang), sangat pas dan nyaman dalam genggaman. Lengkungan pada bagian belakang dan pada sudutnya membuat telepon semakin ergonomis, pas di telapak tangan. Sedangkan tubuh logam terasa hangat dan mengundang untuk disentuh. Dari hasil review yang dilakukan oleh Samuel Gibbs dari theguardian mengungkapkan hasil dari pengujian ketika menyentuhnya hampir selalu mengelus eksterior yang halus seperti sutra.

review HTC One M8
Namun walaupun halus ketika disentuh, bagian eksterior HTC One M8 tidak licin ketika dipegang jadi tidak perlu khawatir kalau jatuh. Namun ketika berada disaku, pengguna harus tetap berhati-hati karena tetap saja licin di pakaian, walaupun ukurunya juga lumayan besar.

HTC One M8 memiliki ukuran lebih besar, layar 5 inch, berbeda dengan tahun lalu yang hanya 4.7inch. Layar itu sendiri lebih berani, cerah dan bersemangat, sementara pixelnya semakin sempurna dan tajam. Menurut Samuel Gibbs, itu adalah salah satu menampilkan terbaik yang pernah dia lihat pada smartphone. M8 juga memiliki sudut pandang yang sangat luas, bisa berbagi foto dan video dengan mudah.

Kekurangan HTC One M8 adalah masih adanya ruang yang terbuang baik dibagian atas dan bagian bawahnya. Hal ini membuat M8 agak berat dan sulit untuk dimanage. Kita tidak bisa dengan nyaman mencapai sudut atas layar, apalagi tombol power yang berada di sisi atas.

Jika dibandingkan dengan smartphone sejenis dalam hal beratnya M8 memiliki berat 160g, Samsung Galaxy S5 145g, Google Nexus 5 beratnya hanya 130g dan yang paling ringan adalah iPhone 5S yang hanya 112 g. Namun walaupun memiliki bobot yang paling berat, M8 sangat seimbang dan meyakinkan.

Spesifikasi HTC One M8
  • Screen: 5in full HD LCD
  • Processor: 2.3 GHz quad-core Qualcomm Snapdragon 801
  • RAM: 2GB of RAM
  • Storage: 16/32GB
  • Operating system: Android 4.4.2 “KitKat”
  • Camera: 4 UltraPixel rear camera with depth sensor, 5MP front-facing camera
  • Connectivity: LTE, Wi-Fi (n/ac), NFC, Bluetooth 4.0 with BLE and GPS
  • Dimensions: 146.36 x 70.6 x 9.35mm
  • Weight: 160g
Review Kecepatan Cahaya
HTC One M8 menjadi smartphone pertama yang menggunakan produk terbaru Qualcomm yaitu Snapdragon 801 yang memiliki kecepatan sebesar 2,3 GHz. Ketika diuji dalam menggunakan aplikasi yang ada, tanpa lag atau tanda yang lambat aplikasi langsung muncul, lebih cepat dari Google Nexus 5. Fitur utama dari M8 adalah pada casing metalnya dimana penggunaannya 90% metal mampu membuat signal mantab di 4G dan lebih cepat dibandingkan dengan smartphone lainnya.Begitu juga dengan wifi, bluetooth dan GPS.

Keunggulan lain dari HTC One M8 adalah daya tahan baterainya, baterai dapat digunakan seharian penuh termasuk 3 jam untuk browsing, sepanjang hari untuk mendengarkan musik melalui bluetooth namun sedikit untuk game dan menonton video. Daya baterai yang hanya 20% ternyata dapat bertahan hingga 36 jam dalam keadaan standby.

Penambahan Penggunaan
Salah satu penambahan penggunaan pada android adalah seluruh pengaturan cepat tombol tersedia dibawah notification draw. Penambahan paling ketara adalah penggunaan Android Experience seperti aplikasi berita, blinkfeed yang disimpan di panel paling kiri dari homescreen. Penambahan paling jelas untuk pengalaman Android , bagaimanapun, adalah aplikasi HTC sosial agregator berita , BlinkFeed , yang disimpan pada panel sangat kiri homescreen. Fiture ini akan mengambil postingan dari akun sosial media, berita, dan hiburan dari sejumlah website yang pengguna pilih.

Gerakan
M8 Motion co-processor dapat menggunakan beberapa motion dan gesture tanpa menghabiskan daya baterai. Ketika diambil, dua kali sentuhan akan menyalakan telefon. Jika di swipe dari tepi layar akan memunculkan BlinkFeed. Dengan menggunakan sensor cahaya, telfon dapat mengetahui apakah ada disaku atau tas, begitu juga ketika dimasukkan dalam tas akan secara otomatis mematikan touchscreen. Untuk yang suka olahraga dan fitnes, adanya motion co-prosesor juga dapat digunakan untuk tracking fitness.

Kualitas Gambar yang Profesional
Sejak dikeluarkannya model HTC One, HTC telah memperkenalkan konsep "Ultrapixel". HTC mencoba keluar dari zona megapixel, untuk lebih berkonsenstrasi pada kinerja cahaya rendah menciptakan kamera 4 megapiksel dengan fisik piksel lebih besar pada sensor gambar dan masing-masing mampu menerima lebih banyak cahaya.

Booming BoomSound
HTC memperkenalkan konsep speaker menghadap kedepan dipasang diatas dan dibawah layar yang disebut dengan boomSound. Suara sangat jelas dan mengesankan.

Harga
HTC One M8 tersedia dalam 3 pilihan warna, arctic silver, amber gold dan metal grey, harga M8 dengan kapasitas internal 16GB mencapai £530 namun harus disertai dengan penambahan biaya lain yang mencapai £42 per bulan.

0 Response to "Review HTC One M8"

Post a Comment