--> Skip to main content

Cara Praktis Agar Postingan Cepat Terindeks di Google dan Bing

Sudah posting banyak dan menghabiskan energi hingga waktu tidur pun dikurangi ternyata setelah postingan dipublish belum juga terindeks di Google, Bing dan Yahoo dan tidak mungkin diharapkan kalau akan muncul dihalaman pertama search engine. Padahal sebelumnya sudah research keyword dan cari bahan untuk postingan disana sini. Sampai-sampai malah ada yang hampir putus asa alias frustasi, dulu saya juga sih, sekarang sudah lebih tahan banting. Tapi kalau dibanting beneran ya sakit juga. hahaha

Apa sebenarnya rahasia dibalik suksesnya para webmaster sehingga postingan mereka cepat terindeks di Google, Bing dan Yahoo. Setelah browsing kemana-mana, ada hal yang sebenarnya cukup sepele dan mudah untuk dilakukan sebagai cara agar postingan cepat terindeks. Cara tersebut adalah submit url postingan di google, bing dan yahoo.

Submit Postingan di Google
Untuk submit blog ke google cukup dengan menuliskan alamat di bawah
"https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url" atau klik link ini
Kemudian muncul tampilan seperti dibawah ini:
submit postingan di google
Tulis/ pastekan alamat url postingan ke url, kemudian tulis kode chaptcha dan klik permintaan

Submit Postingan di Bing
Untuk submit postingan di bing, hampir sama dengan di google, tuliskan alamat berikut di address bar: "http://www.bing.com/toolbox/submit-site-url" atau klik disini
Maka Muncul tampilan seperti ini:
submit postingan di bing
Kemudian masukkan url dan tulis chaptcha kemudian klik submit
Update: Juli 2019
Agar artikel cepat terindeks di mesin pencari google, pada tahun 2019 ini, google tidak lagi menyediakan link khusus untuk submit alamat artikel. Kalau tetap mau mengkopi artikel maka akan muncul pesan seperti berikut:
Saat ini pengindeksan artikel, bisa dilakukan dengan menggunakan google search console. Jadi anda harus mendaftar dulu blog ke google search console, baru kemudian artikel bisa dipaksa untuk diindeks.

Kenapa harus submit ke google search console? Tentu agar artikel yang telah kita publish bisa lebih cepat terindeks oleh google. Dengan begitu peluang artikel muncul di google lebih cepat dan peluang kunjungan terhadap artikel yang baru kita buat pun lebih besar.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar