6 Tips Jitu Mencari Ide Menulis Artikel di Blog

mencari ide menulis
Tips Mencari Ide Menulis-Saya bagikan buat sobat semua yang sedang galau alias bingung karena sudah berjam-jam di depan laptop, browsing kesana kemari, sudah membaca beberapa artikel, tapi giliran mau menulis, malah bingung apa yang mau ditulis. Saya juga sering mengalaminya, ketika keinginan menulis sedang menggebu, beberapa kata sudah diketik, dihapus lagi, diketik lagi, dihapus lagi akhirnya malah berhenti tidak jadi menulis. Ini terjadi ketika saya sedang kehabisan ide untuk menulis sebuah artikel. 

Bagaimana caranya supaya tetap bisa menulis walaupun sebelumnya tanpa ide? Gampang saja sobat, cari ide, kalau sudah mencari temukan ide, kalau sudah menemukan ide, tentukan ide, kalau sudah menemukan ide lalu kembangkan ide tersebut menjadi sebuah kalimat seterusnya menjadi paragraf dan selanjutnya menjadi sebuah artikel. Mudah bukan...

Kalau melihat urutan cerita diatas sepertinya sangat mudah dan simpel. Yang menjadi masalah adalah bagaimana sebenarnya cara mencari ide menulis artikel? Ide saja belum ada, bagaimana mau meneruskan ke langkah-langkah selanjutnya sampai menjadi artikel..hehehe. Oke deh, yuk sobat kita bahas bersama supaya lebih mantabs..

1. Tulis Apa Saja
Cara yang sangat sederhana dan tergolong mudah untuk mencari ide menulis sekaligus secara spontan menuangkan ide dengan menuliskan apa saja yang ada dalam pikiran kita. Misalkan saja suatu saat dibenak kita muncul pertanyaan "Kok ini bisa begini? Kok itu bisa begitu?" Langsung saja tulis diblog, bisa sebagai judul atau sebagai paragraf pembuka. Dengan begitu, kita akan lebih fokus dalam mencari informasi untuk menjawab pertanyaan kita tadi itu.

2. Masalah Yang Dihadapi
Pasti manusia selalu dihadapkan pada masalah, bingung mencari ide menulis juga masalah, makanya saya jadikan sebagai ide menulis di artikel ini. Atau suatu saat sobat mengalami masalah misalkan komputer tiba-tiba mati, ini suatu masalah bukan? Bisa dijadikan ide menulis juga, misalnya menjadi "cara mengatasi komputer mati tiba-tiba" atau "cara menulis saat komputer mati". Ide bisa juga datang dari masalah yang sedang dihadapi orang lain, misalkan ada teman yang menanyakan cara mengakses email yang tidak diakses, jadikan saja itu sebuah ide untuk menulis.

3. Gambar
Gambar bisa berupa foto atau lukisan bisa dijadikan bahan untuk mendapatkan ide menulis. Cara ini dengan mendeskripsikan gambar atau foto. Foto-foto lama yang tersimpan di komputer atau di handphone sobat bisa dijadikan bahan menulis. Mungkin saja ada kejadian-kejadian menarik waktu foto itu diambil sehingga bisa dituangkan ke dalam kata-kata.

4. Jalan-Jalan
Jalan-jalan pasti yang penginnya traveling, pergi ke tempat wisata. Bisa juga sih. Tapi yang saya maksud adalah bukan hanya ke tempat wisata, jalan-jalan disekitar rumah, jalan-jalan ke rumah sanak famili atau ke kerabat juga bisa menjadi sarana untuk mendapatkan ide menarik.

5. Menonton dan Membaca
Menonton baik itu film, berita, atau pun talk show juga merupakan sarana untuk mendapatkan ide menulis di blog. Menonton film, pasti ada bagian-bagian ataupun karakter yang menarik dari film yang ditonton untuk diceritakan kembali dalam bentuk tulisan. Membaca buku, koran, majalah, sobat dapat menuliskan kembali hal-hal menarik dari buku, koran atau majalah yang sudah sobat baca sesuai dengan gaya bahasa sobat sendiri.

6. Forum
Ini nih paling menyenangkan buat sobat yang suka berlama-lama di forum, kasih komentar sana sini. Dari membaca artikel di forum dan komentar yang ada pasti akan lebih menarik lagi jika dijadikan sebuah kalimat. 

Itu saja beberapa hal yang bisa saya bagikan tentang tips mencari ide menulis artikel di blog. Pasti masih banyak cara-cara lain yang lebih jitu dan tokcer supaya ide menulis artikel tetap ada.

4 Responses to "6 Tips Jitu Mencari Ide Menulis Artikel di Blog"

  1. yup betul gan saya setuju dengan tulis apa saja :)

    ReplyDelete
  2. Saat lagi blank pikiran tiba2 timbul keinginan menulis...nah situasi ini yang kadang bikin panik

    ReplyDelete
  3. Okeh gan, ane juga menulis apa adanya aja diblog :D

    ReplyDelete
  4. betul banget, biasa ane nulis apa berdasar pengalaman ane....

    ReplyDelete