Pengaruh Google Panda 4.0 Pada Blog Saya

Semalem kaget juga melihat statistik page view blog tiba-tiba melonjak drastis hingga 3 kali lipat dari biasanya. Ada rasa senang tapi juga ada kekhawatiran. Seribu tanda tanya menelusuri dalam hati, hingga akhirnya browsing dan memang bukan saya saja yang mengalami hal aneh seperti ini. Page view blog tiba-tiba melonjak naik. Selidik punya selidik, ternyata ini sebagai salah satu akibat dari update algoritma  google panda versi ke 4.0. Kekhawatiran saya adalah setelah update pandanya kali ini, berpengaruh terhadap performa blog ini, dan juga beberapa blog yang lain. Tetapi setelah saya periksa statistik diblog yang lain ternyata stabil-stabil saja. Untunglah
dampak google panda

Google Panda 4.0 baru dirilis 20 Mei 2014 lalu, seperti diungkapkan oleh Google Head Webspam, Mr. Matt Cutt yang mengumumkan lewat twitter. Sepertinya update algoritma google panda kali ini menyasar ke blog-blog dengan konten yang buruk dan terindikasi spam untuk dikeluarkan dari google. Menurut searchmetric.com, kurang lebih akan berpengaruh pada blog berbahasa inggris sebanyak 7,5% dan untuk bahasa yang lain mungkin akan mendapatkan pengaruh yang berbeda.

Beberapa website besar juga mendapat dampak yang cukup signifikan dari update google panda kali ini. Seperti situs ask.com dan ebay.com mengalami penurunan traffic sekitar 50% dan 33%. Begitu juga dengan yellowpages.com dan toptenreviews.com turun hingga 20%. Namun begitu sejumlah website malah mendapatkan hadiah berupa kanaikan traffic secara drastis seperti emedicinehalth.com dan zimbio.com yang naik hingga 500%.

3 Responses to "Pengaruh Google Panda 4.0 Pada Blog Saya"

  1. untunglah blog kita gak turun peringkatnya ya mas tapi malah naik termasuk blog saya juga :D makasih sharingnya :)

    ReplyDelete
  2. Mlah punya saya langsung turun,,,,,,,ke no 9 biarpun di page 1 cara solusinya bagaimana ,,,,,

    ReplyDelete