Cara Memperbaiki Monitor LCD Berbintik Putih (Dead Pixel)

Cara Memperbaiki Monitor LCD Berbintik Putih (Dead Pixel)-Monitor LCD memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan monitor tabung. Selain karena faktor kepraktisan, teknologi yang digunakan juga semakin canggih apalagi sekarang harganya semakin terjangkau. Namun seperti barang elektronik lainnya, monitor LCD juga bisa rusak jika tidak digunakan secara hati-hati. Kerusakan yang sering muncul pada monitor LCD adalah timbulnya bintik putih pada layar atau yang biasa disebut dengan dead pixel. 

Dead pixel biasanya disebabkan karena adanya kerusakan pada transistor. Bisa juga akibat dari distribusi cairan (liquid) yang tidak merata pada kristas cair displaynya. Dead pixel tersebut biasanya berukuran kecil, namun pasti sangat mengganggu penggunanya. 

Cara termudah dan tercepat tentu dengan membawa monitor tersebut ke tempat service. Atau malah kalau punya dana berlebih langsung saja beli yang baru. Tapi kan sayang juga kalau misalnya dana yang semestinya untuk keperluan lain malah digunakan untuk memperbaiki monitor. Supaya lebih menghemat, sebaiknya lakukan langkah-langkah berikut:

Cara memperbaiki monitor LCD berbintik putih/ dead pixel:
  1. Bersihkan terlebih dahulu layar monitor.
  2. Mulai nyalakan layar monitor LCDnya. Cari letak dead pixel tadi dengan cara menampilkan gambar atau obyek lain seperti command prompt yang berwarna hitam, sehingga dead pixel kelihatan jelas
  3. Ini yang pernah saya gunakan untuk memperbaiki monitor LCD yang berbintik putih atau terdapat dead pixel yaitu dengan menekan-nekan daerah layar yang terdapat dead pixel menggunakan kain lalu tekan dengan jari namun jangan terlalu keras, pelan-pelan saja.
    cara memperbaiki dead pixel
    gambar dari wikihow.com
  4. Setelah itu matikan monitornya, jika masih ada maka ulangi lagi, sampai 3 kali. Kalau masih gagal berarti dengan cara menekan layar monitor tidak bisa digunakan.
  5. Cobalah dengan menggunakan tools PixelRepairer yang dapat diperoleh gratis di "http://strony.toya.net.pl/~awulkiew/?page=downloads&lang=en". Tools ini tidak perlu diinstal, langsung run saja dari file exe nya.
Cara memperbaiki dead pixel menggunakan Software PixelRepairer
  1. Jalankan PixelRepairer.exe
  2. Kemudian ikon lup/ kaca pembesar untuk memeriksa letak dead pixel. Lalu tekan tombol enable, maka muncul 1 warna di monitor, jika ada dead pixel pasti ketahuan karena warnanya berbeda dengan warna monitor, klik escape di keyboard untuk kembali ke PixelRepair.
  3. Pilih Repair lalu klik add, maka muncul kotak kecil disebut Repairer kemudian drag kotak itu ke daerah dead pixel tadi. Sesuaikan kotak repairer dengan ukuran dead pixel dengan mengaturnya di size (dibawah)
  4. Secara default akan memilih mode noise. Tunggu selama satu jam, jika masih terdapat dead pixel, ulangi lagi dengan mode solid
  5. Tunggu selama satu jam lagi
Semoga dengan diatas monitor akan kembali seperti semula.

0 Response to "Cara Memperbaiki Monitor LCD Berbintik Putih (Dead Pixel)"

Post a Comment