--> Skip to main content

Cara Memperbaiki Monitor LCD Berbintik Putih (Dead Pixel)

Cara Memperbaiki Monitor dengan LCD Berbintik Putih (Dead Pixel)-Sebagaimana kita tahu, monitor LCD memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan monitor tabung. Selain karena faktor kepraktisan, teknologi yang digunakan juga semakin canggih apalagi sekarang harganya semakin terjangkau. Walaupun bagaiamana bagusnya suatu barang, apalagi itu adalah abarang elektronik, pasti suatu saat akan ada kerusakan. Apalagi barang elektronik, sangat rentan terhadap kerusakan akibat kelalaian manusia. Termasuk Monitor LCD, mengalami gejala kerusakan berupa timbulnya bintik putih pada layar LCD atau yang biasa disebut dengan dead pixel. 

Ada yang tahu penyebab dead pixel/ bintik putih di monitor LCD? Dead pixel atau bintik putih di layar LCD sering kali disebabkan karena terjadi kerusakan kerusakan komponen elektroniknya yang disebut dengan transistor. Bisa juga akibat dari distribusi cairan (liquid) yang tidak merata pada kristas cair displaynya. Meskipun ukuran dead pixel pada umumnya kecil, namun pasti sangat mengganggu penggunanya. 

Kalau mau mudah dalam menghilangkan dead pixel ya dengan membeli LCD yang baru? Masa sih cuma dead pixel harus beli monitor baru. Cara termudah lain dari pada beli ya dengan membawa monitor tersebut ke tukang service elektronik. Tapi kedua cara tadi perlu biaya dan ongkos yang kita tidak tahu bayarnya berapa. Sayang juga kan kalau misalnya dana yang semestinya untuk keperluan lain malah digunakan untuk memperbaiki monitor. Supaya lebih menghemat, sebaiknya lakukan langkah-langkah berikut:

Cara memperbaiki monitor LCD berbintik putih/ dead pixel:
  1. Bersihkan terlebih dahulu layar monitor.
  2. Mulai nyalakan layar monitor LCDnya. Cari letak dead pixel tadi dengan cara menampilkan gambar atau obyek lain seperti command prompt yang berwarna hitam, sehingga dead pixel kelihatan jelas
  3. Pengalaman saya dalam memperbaiki layar monitor LCD yang muncul dead pixel ini adalah dengan dengan menekan-nekan secara perlahan daerah layar yang terdapat dead pixel  bintik putih menggunakan kain halus lalu tekan dengan jari namun jangan terlalu keras, pelan-pelan saja.
    cara memperbaiki dead pixel
    gambar dari wikihow.com
  4. Setelah itu matikan monitornya, jika masih ada maka ulangi lagi, sampai 3 kali. Kalau masih gagal berarti dengan cara menekan layar monitor tidak bisa digunakan.
  5. Cara lain adalah dengan menggunakan tools atau software untuk menghilangkan dead pixel. Software yang saya coba adalah PixelRepairer yang bisa di download secara gratis. Dulu sih alamatnya "http://strony.toya.net.pl/~awulkiew/?page=downloads&lang=en". Enaknya tools ini tidak perlu instal, langsung pakai saja.
Cara memperbaiki dead pixel menggunakan Software PixelRepairer
  1. Jalankan PixelRepairer.exe
  2. Langkah selanjutnya adalah pada ikon lup/ kaca pembesar digunakan untuk memeriksa letak dead pixel. Kalau sudah pas letak lupnya, tekan tombol enable, hingga muncul 1 warna di monitor. Kalau monitor anda terdapat dead pixel, akan ketahuan karena warnya beda dengan warna sekelilingnya. Selanjutnya klik ESC di keyboard komputer untuk kembali ke PixelRepair.
  3. Selanjutnya Pilih "Repair" dan klik add, maka akan muncul kotak kecil, kotak ini disebut Repairer. Draglah repairer ke daerah dead pixel tadi. Atur kotak repairer, sesuaikan dengan ukuran dead pixel dengan mengaturnya di size (dibawah)
  4. Secara default akan memilih mode noise. Biarkan dulu selama satu jam, jika masih muncul dead pixel, ulangi kembali  dengan mode solid
  5. Tunggu selama satu jam lagi
Semoga dengan diatas monitor akan kembali seperti semula.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar