--> Skip to main content

Cara Agar Selalu Berpikir Positif Pada Berbagai Hal

Cara Agar Selalu Berpikir Positif Pada Berbagai Hal - Berpikir yaitu sebuah aktifitas mempertemukan antara otak dan hati pada sesuatu hal apakah itu orang, perilaku orang, pandangan orang, masa depan, masa tua, masa pensiun, dan lain-lain. Inilah yang membedakan antara manusia dengan makhluk yang lain. Manusia bisa berpikir sehingga bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Makanya dalam berbagai hal, manusia tidak pernah lepas dari aktifitas berpikir. "Makan aja pake mikir??", tunggu dulu, namanya juga manusia punya pikiran, ya pasti dipake dong, seharusnya diubah menjadi "Mau makan harus mikir".hehehe. Bahaya kan kalau makan ga pake mikir, bisa-bisa batu juga dimakan.
cara agar bisa berpikir positif

Sudah seharusnya dengan nalar dan pikirannya manusia bisa memilih jalan yang mana yang menurut dia tidak menyengsarakan dan jalan mana yang akan menyesatkan dia. Namun ada kalanya manusia berprasangka jelek terhadap sesuatu hal, sehingga ketika akan melangkah dia selalu memikirkan hal-hal negatif jika tetap melanjutkan langkahnya, akhirnya apa yang dia inginkan menjadi tidak tercapai. Mungkin ini yang disebut dengan negatif thinking/ berpikir negatif. Berpikir negatif akan cenderung merusak/ menurunkan nilai kita sebagai manusia. Hati-hati tuh yang suka negatif thinking, bisa-bisa ngga laku.. hehehe.

Baca juga Cara Memanfaatkan Waktu Luang

Sangat berbeda dengan negatif thinking adalah berpikir positif. Sesuatu yang bernilai positif berarti akan selalu bertambah dan bertambah sehingga akan memperbanyak nilai, setelah nilai menjadi banyak secara otomotis harganya menjadi mahal. Orang yang berpikir positif akan memandang segala sesuatu sebagai hal yang menyenangkan dan menantang. Dengan begitu kesuksesan, kebahagiaan, kesehatan akan secara otomatis mendatangi dia. Kesuksesan dan kebahagian bukan hanya materi saja loh.

Menelisik lebih lanjut apa sebenarnya berpikir positif itu? Berpikir positif merupakan suatu sikap mental yang melibatkan proses memasukan pikiran, bayangan, kata-kata dan berpikir bersifat membangun pikiran bukan merusak pikiran. Dengan berpikir positif, segala sesuatu akan terwujud, inilah mengapa berpikir positif menjadi hal yang penting untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Ternyata bukan hanya uang yang dapat mengatasi masalah, atau pegadaian yang mengatasi masalah tanpa masalah, berpikir positif lebih bisa mengatasi masalah. Sobat bisa membaca pada postingan saya yang lain "Terapkan Berpikir Positif, Segera Raih Kesuksesan Anda". Dari sekian keuntungan yang bisa diperoleh dari berpikir positif, mungkin baru sekian persen saja orang yang menerapkannya. Orang cenderung untuk berpikir negatif dari pada berpikir positif. Beberapa penyebabnya bisa karena keluarga, lingkungan, pengalaman hidup yang tidak menyenangkan, dan iman yang tidak kuat. 

Oke deh, supaya mudah dalam berpikir positif, segera saya bagikan cara agar selalu berpikir positif

1. Baca Sesuatu Yang Menginspirasi
Banyak sekali disekitar bacaan yang menginspirasi, buat sobat muslim, bisa membuka Al-Quran, baca terjemahnya dijamin sobat akan segera mendapatkan pikiran positif. Atau bisa juga sobat buka di internet artikel kisah-kisah inspirasi atau kata-kata mutiara dengan begitu secara tidak sadar pikiran sobat akan terbawa menjadi lebih bersemangat dan positif.

2. Selalu Tersenyum
Tersenyum selain untuk memvisualisasikan diri kita kepada orang lain bahwa kita itu menyenangkan, ternyata juga berdampak positif pada diri kita. Ga percaya? Coba dulu deh..hehehe. Dengan tersenyum, orang yang tadinya marah akan menjadi berkurang marahnya. Tersenyum membuat orang semakin sehat karena secara langsung menurunkan tekanan darah dan akan meningkatkan daya tahan tubuh. Tuh.. Ga ada ruginya tersenyum. Tapi jangan tersenyum sendiri, ntar dikira kenapa loh..

3. Bergaul dengan orang yang selalu berpikir positif.
Setiap individu akan mempengeruhi siapa saja yang dia temui, bisa keluarga, teman, sahabat bahkan orang yang baru saja bertemu. Dan ternyata bukan hanya penyakit yang bisa menular, sikap ternyata juga dapat juga menular kepada orang lain. Baik itu sikap negatif maupun sikap positif. Alangkah baiknya jika semua orang suka berpikir positif sehingga tidak ada orang yang tertular sikap berpikir negatif.

4. Olahraga Secara Rutin
Kesibukan yang melelahkan setelah bekerja seharian, akan teratasi dengan berolahraga. Dengan rajin berolahraga pikiran akan menjadi lebih segar dan memberikan pemikiran positif. dengan Coba perhatikan ke beberapa orang disekitar kita yang suka berolahraga, bagaimana sikapnya? Apakah positif?

5. Jangan Lupakan Masa Sekarang
Belajar dari masa lalu dan merencanakan masa depan yang cerah sangat penting untuk dilakukan. Tapi ingatlah bahwa kita tidak boleh melupakan kehidupan di masa sekarang. Terjebak pada masa lalu atau masa depan, akan membuat kita merasa rendah diri dan berlaku negatif. Jadi jangan lupakan kehidupan kita di masa sekarang dan selalu berpikir positif.
Bagaimana, siap berpikir positif...?
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar