Tools Gratis dan Ampuh Untuk SEO

tools gratis untuk seo paling manjur
SEO kepanjangan dari Search Engine Optimization, suatu cara atau metode atau proses untuk mengoptimalisasi suatu halaman website dengan algoritma mesin pencari sehingga bisa berada di halaman pertama mesin pencari. Berbagai proses harus dilakukan untuk mengoptimasi suatu website seperti riset kata kunci, memilih domain, pemilihan platform website (blogspot/ wordpress/ joomla/ drupal/ lainnya), backlink dan lain-lain. Selama proses dari a sampai dengan z, bisa saja dilakukan secara manual, namun waktu dan tenaga yang dibutuhkan pasti akan sangat banyak. Atau bisa juga meminta orang lain untuk melakukan optimasi pada website yang kita miliki, kita tinggal duduk manis menunggu orang lain bekerja dan hasilnya langsung jadi. Lagi-lagi itu perlu sumber daya yang tidak sedikit, biaya. Kalau punya modal besar sih mudah saja, tapi kalau masih pelajar dan belum ada rupiah sedikitpun bagaimana mungkin. Oke, daripada bingung, akan saya bagikan sedikit informasi mengenai tools-tools yang berguna untuk membantu dalam mengoptimasi website, tentu saja yang gratisan.

Tools Gratis dan Ampuh Untuk SEO

1. Tools Gratis Untuk Riset Kata Kunci
Untuk melakukan riset kata kunci beberapa tools gratis yang bisa digunakan yaitu:
  • Google keyword planner (https://adwords.google.com/KeywordPlanner), tools bawaan dari google. Jika sudah punya gmail bisa langsung digunakan lewat link di atas.
  • Google Suggest Free Tools (http://www.keywordtooldominator.com/k/google-auto-suggest/), salah satu tools versi gratis untuk membantu menemukan ide dalam menentukan kata kunci
  • Youtube keyword tools (https://www.youtube.com/keyword_tool) untuk para pemain youtube, selain google keyword planner.
  • Google Trend (www.google.com/trends), digunakan untuk mengetahui keyword yang sedang menjadi trending topic di google
  • Amazon Best Seller (http://www.amazon.com/Best-Sellers/zgbs) tools untuk mengetahui barang apa saja yang sedang best seller di amazon, untuk para amazon affiliate sangat berguna dalam menentukan kata kunci produk di amazon.
  • Wordstream Free Keyword Tools (http://www.wordstream.com/free-keyword-tools) adalah tools yang bisa digunakan untuk riset kata kunci, mengetahui kata kunci blog pesaing, 
2. Tools Gratis Untuk Memilih Domain
Membeli domain sebenarnya sangat tinggal langsung saja beli di website yang melayani pendaftaran domain seperti idwebhost, rumahweb, untuk luar negeri seperti godaddy, namecheap. Namun untuk keperluan SEO, ada keuntungannya jika menggunakan domain yang sudah expaired seperti backlink yang sudah tertanam, domain sudah berPR, dan bisa memperoleh domain yang sudah berumur (aged domain). Tools yang digunakan adalah :
  • expaireddomains.net : di website ini disediakan menu untuk menuliskan keyword yang kita inginkan, kemudian akan muncul domain-domain yang sudah expaired disertai dengan nilai PR, tahun pendaftaran pertama, jumlah backlink, rangking alexa, ketersediaan pada com/net/org/de.
  • ahrefs.com : dengan menggunakan fasilitas gratis yang disediakan ahrefs.com, kita bisa mengetahui jumlah link yang ada di suatu domain
  • cekpr.com : website untuk mengetahui nilai PR suatu domain.
3. Tools Gratis Untuk Backlink
Untuk mengetahui di website mana saja website yang berada di halaman depan google, ada beberapa tools gratis yang bisa digunakan.
  • SEOQuake : tools gratis yang bisa dipasang di browser mozilla atau chrome, berguna untuk mengetahui secara langsung website yang ada di halaman depan google yaitu link, nilai PR, alexa rank, jumlah index google dan bing, tanggal domain terdaftar.
  • backlinkwatch.com : sebuah website yang bisa digunakan untuk melihat backlink suatu website secara gratis, namun jumlahnya terbatas hanya sampai 1000 link saja.
  • www.opensiteexplorer.org, tools untuk melihat Page Authority (PA), Domain Authority (DA), backlink beserta anchor textnya.
  • www.semrush.com, tools gratis untuk melihat backlink, kata kunci, perkiraan jumlah pengunjung blog orang lain
  • www.majesticseo.com, tools gratis untuk melihat backlink dan anchor text yang digunakan.
  • www.internetmarketingninjas.com/tools adalah tools untuk mengetahui link yang rusak dan bisa untuk onpage seo.
  • www.removeem.com/ratios.php, tools gratis untuk mengetahui backlink dan link blog yang rusak serta dapat langsung mengirimkan laporan link rusak ke google webmaster.
  • http://smallseotools.com/keyword-position, salah satu menu small seo tools  untuk mengetahui posisi artikel berdasarkan keyword target pada mesin pencari google, bing dan yahoo hingga 50 halaman.
Itu saja yang dapat saya bagikan sebagai seorang newbe dalam perbloggeran ataupun seo. Kalau ada yang mau menambahkan silahkan, malah seneng banget, buat referensi tools gratis untuk SEO.

1 Response to "Tools Gratis dan Ampuh Untuk SEO"

  1. Waahh, ternyata banyak juuga yaa,,
    biasanya aku cuma pake google trends, sama adwords..
    mungkin bisa dicoba nihh,

    mampir ke blog ane, yang sederhana ni, gudangandroid[dot]com

    ReplyDelete