Inilah Jupiter Sekarang yang Super Besar

Para peneliti dari The National Aeronautics and Space Administration (NASA) selain Planet Mars, kini juga sedang melakukan penelitian pada planet terbesar pada Tata Surya, yaitu Jupiter. Sebelumnya pada bulan Juli lalu, NASA juga telah mengumumkan ke publik perihal ekspedisi ke Jupiter. Dan pernyataan tersebut benar-benar terwujud setelah pada 16 Oktober ini mempublikasikan gambar terbaru dan terdekat Planet Jupiter. Berikut penampakan planet di lihat dari jarak yang cukup dekat.
planet raksasa jupiter terbaru
Melalui teleskop fenomenal Hubble, NASA mewujudkan gambar dalam ukuran yang besar dari planet terbesar se Tata Surya yaitu Jupiter. Teknologi yang digunakan dalam proses pengambilan gambar jupiter adalah Wide Field Camera, dengan resolusi hingga mencapai 4K. Setelah mengelilingi Jupiter secara menyeluruh, melalui teleskop Hubble, ditemukan sebuah spot lingkaran berwarna merah yang terlihat begitu jelas di garis khatulistiwa Jupiter. Jika melihat ke gambar, terlihat bahwa lingkaran tersebut memiliki inti yang berwarna jingga seperti gambar dibawah ini.
gambar permukaan planet jupiter
Seperti dikemukakan oleh Gizmag pada Jumat (16/10/2015), para peneliti NASA mulai meneliti gambar yang diambil oleh Hubble. Para ilmuwan NASA berpendapat, wujud daerah lingkaran merah besar itu adalah penampakan langka, walaupun telah ditemukan wujud yang sama oleh Voyager 2 pada satu beberapa tahun lalu. Dugaan mereka adalah bulatan merah besar itu merupakan gelombang yang berasal dari lapisan awan bagian bawah Jupiter.

Salah satu ilmuwan NASA, Glenn Orton mengungkapkan "Hingga kini, kami menduga gelombang yang tertangkap oleh Voyager 2 dulu mungkin hanyalah kebetulan. Ternyata, hal itu memang langka,".

Begitu pula ilmuwan NASA lainnya, Amy Simon, berbicara "Setiap kali kami melihat Jupiter, kami mendapatkan petunjuk bahwa sesuatu yang menarik memang benar-benar sedang terjadi," 

Setelah Mars, Jupiter, NASA dikabarkan akan meneliti Planet Saturnus dalam tampilan video beresolusi tinggi. Selanjutnya NASA akan mengamati Saturnus untuk dipelajari seperti angin, awan, dan kandungan kimiawi yang ada di atmosfer planet Saturnus.

0 Response to "Inilah Jupiter Sekarang yang Super Besar"

Post a Comment