Prosesor Handphone Modern Diproduksi Oleh 4 Perusahaan Ini

Prosesor Handphone Modern Diproduksi Oleh 4 Perusahaan Ini-Semakin hari, teknologi handphone semakin tinggi saja. Kecepatan yang dulunya tidak pernah diperkirakan, sekarang benar-benarnya nyata dan bisa kita dapatkan dengan mudah. Handphone android, Windows, ataupun iOS masing-masing menawarkan berbagai kelebihan dan kemudahan bagi para penggunanya. Berbagai fungsi komputer, saat ini dapat begitu mudah dijalan pada seperangkat handphone yang berukuran beberapa inchi saja. Padahal dulu, butuh ruangan super besar untuk menampung sebuah prosesor. Sungguh, teknologi telah membuat segalanya berubah.

Sebenarnya apa sih yang membuat handphone sekarang menjadi perangkat yang begitu canggih? Ditemukannya micro prosesor telah mengubah segalanya. Micro prosesor ini dapat ditanamkan pada pada media yang lebih kecil dari pada satu set komputer dekstop. Prosesor inilah yang menjadi otaknya handphone sekarang. Sistem operasi seperti android, windows dan iOS dapat berjalan, kamera berkapasitas mega pixel dengan beberapa fitur tambahan lain bisa tetap maksimal dalam bekerja. Disamping itu sebuah prosesor yang bekejar pada ponsel pintar harus hemat energi dan berukuran slim karena space yang disediakan terbatas.
prosesor ponsel pintar
Meskipun telah memproduksi jutaan perangkat gadjetnya, perusahaan pengembang smartphone tidak serta merta memproduksi prosesor mereka sendiri, berikut adalah 4 perusahaan yang khusus memproduksi prosesor handphone modern.

1. Qualcomm
Jika anda mengenal Snapdragon, nama tersebut adalah salah satu merek prosesor mobile yang dipasang oleh jutaan smartphone di dunia yang diproduksi oleh Qualcomm. Perusahaan yang berdiri di San Diego Amerika tersebut menjadi penguasa prosesor mobile saat ini dengan pangsa pasar mencapai US$ 100 miliar (sekitar Rp 1.100 triliun).

Seri terakhir yang dikeluarkan Qualqomm adalah Snapdragon S4 yang terpasang pada beberapa smartphone berkelas premium seperti LG Optimus G2, LG Optimus G Pro,  dan Sony Xperia Z Ultra. Infrastruktur prosesor terdiri dari dua inti, pertama untuk multimedia yang kedua untuk menelepon. Dibuatnya sistem inti bertujuan untuk mempermudah pembagian kerja prosesor sehingga tanpa lag.

2. Intel
Selain memproduksi prosesor untuk komputer dekstop, intel juga mengembangkan prosesor untuk perangkat mobile meskipun masih tergolong sebagai pendatang baru. Seperti yang terpasang pada Lenovo K900, Asus Fonepad, Tablet Galaxy Tab 3. Prosesor tersebut adalah seri intel atom.

3. Apple
Apple adalah perusahaan yang memproduksi prosesornya sendiri untuk perangkat mobile yang mereka ciptakan. Prosesor seri A terpasang pada iPhone 4 dan iPad generasi pertama, dengan kecepatan sekitar 1 gigahertz. Sementara untuk seri terakhir yaitu prosesor A7 pada iPhone 5. Apple juga telah mengakuisisi perusahaan semikonduktor PA Semiconductor untuk mendukung mereka dalam mengembangkan prosesornya sendiri.

4. Samsung
Penguasanya handphone di dunia samsung, meskipun bekerja sama dengan perusahaan lain untuk urusan prosesor seperti Qualqomm dan Intel, merekapun ternyata mengembangkan prosesor juga dan telah terpasang pada beberapa seri smartphone seperti Galaxy S, pada 2010 dan Samsung Galaxy S4 dengan kecepatan 1,8 gigahertz dan beredar di kawasan Asia.

Demikian artikel ini, semoga suatu saat ini ada perusahaan Indonesia yang bisa menciptakan sendiri generasi terbaru ponsel pintar. 

0 Response to "Prosesor Handphone Modern Diproduksi Oleh 4 Perusahaan Ini"

Post a Comment