Countif Lebih Dari Satu Kriteria

Sebenarnya hari ini lagi edisi bersih-bersih dashboard google chrome karena banyak sekali website yang udah saya bookmark. Tadinya sih mau buat referensi saja tapi lama-lama semakin menumpuk dan tidak pernah dibuka lagi. Ada satu blog yang saya bookmark http://alfi-sahri-aja.blogspot.co.id/ isinya mengenai formula di Excel yaitu Countif Untuk Lebih dari Satu Kriteria. 


Berkutat dengan excel pasti berkutat juga dengan formula dan rumus yang kadang gampang tapi seringnya susah bin njlimete puol. Salah ya itu Countif Lebih Dari Kriteria. Lumayan bisa dipake dibeberapa kasus dan kerjaan. Dari pada kehapus terus lupa, mending saya jadika artikel saja di blog ini.

Fungsi Countif sendiri digunakan untuk menghitung jumlah cell dengan kriteria tertentu yang kita inginkan. Pada kriteria yang banyak bukan menggunakan countif tapi menggunakan fungsi excel yang lain.. Mau tahu fungsi apa?

Fungsi yang digunakan adalah sumproduct.

Pada kasus dan gambar yang saya ambil dari blognya mas alfi ada kriteria gender yaitu Female dan Male. Kalau mau mencari gender perempuan/ Female yang berumur lebih dari 10 tahun maka formula yang ditulis yaitu:

Pada Cell "C13" dapat diketikkan formula =SumProduct((B2:B11)="Female"*(C2:C11>10))

Cukup mudah sekali bukan?

0 Response to "Countif Lebih Dari Satu Kriteria"

Post a Comment