--> Skip to main content

Berapa Lama Waktu Menulis Artikel 300 atau 500 Kata?

Berapa jumlah kata yang direkomendasikan untuk dipublish menjadi artikel pada sebuah blog? Ada yang mengatakan jumlah kata terbaik untuk artikel blog minimal 300 kata. Ada lagi yang mengatakan kalau mendaftarkan blog untuk google adsense harus mempublish artikel minimal 500 kata untuk tiap artikel. Setelah itu, berapa lama waktu yang diperlukan untuk menulis artikel sebanyak 300 kata. Begitupun dengan artikel 500 kata, berapakah waktunya?
berapa lama waktu membuat tulisan di blog

Sebenarnya tidak begitu penting mengetahui waktu menulis artikel sebanyak 300 atau 400 atau bahkan 500 kata. Waktu menulis tidak bisa ditentukan. Karena tergantung dari kesiapan pembuat tulisan itu sendiri.

Berapa Lama Membuat Artikel 300 atau 500 kata?

Bagi mereka yang memiliki cukup data untuk dijadikan sebagai tulisan tentu tidak akan kesulitan ketika harus membuat tulisan sepanjang 500 atau hanya 300 kata. Misalkan saja hanya sekedar membuat cerita pengalaman berwisata. Bagi siapapun, pengalaman berwisata apalagi bersama keluarga adalah hal yang sangat menyenangkan dan sulit dilupakan. Karenanya membuat tulisan pengalaman berwisata ini menjadi sangat mudah, bahkan bisa sampai ribuan kata karena data sudah ada di otak kepala.

Namun sebaliknya bagi siapapun yang akan membuat tulisan termasuk artikel di blog tanpa didukung data yang memadai, pasti akan mengalami kesulitan. Baru sampai 100 kata, ide tulisan sudah tidak ada lagi. Sehingga mau tidak mau harus melengkapi data agar bisa melanjutkan tulisan.

Apakah mencari data untuk melengkapi tulisan, membutuhkan waktu yang sedikit? Mencari data untuk tulisan di blog, bisa dengan browsing di internet, kemudian membaca artikelnya atau  menonton videonya. Kira-kira sebentar apa lama ya?

Terus kalau mau membuat artikel tentang cara atau how to, pasti yang dilakukan bukan hanya membaca tapi juga melakukan testing atau percobaan sehingga bisa mempunyai pengalaman untuk bisa dijadikan tulisan. Apakah membuat serangkaian testing kemudian mendokumentasikannya menjadi tulisan membutuhkan waktu yang sebentar?

Seperti pada artikel cara cek broken link di blog, sebelumnya saya tidak tahu bagaimana cara menghapus broken link di blog. Sehingga mencari di internet bagaimana menghapus broken link. Ternyata ketemu artikel cara cek broken link di blog, kemudian saya coba mengecek broken link di blog saya dan saya dokumentasikan caranya dengan menscreenshot dan mendeskripsikannya dalam tulisan.

Jadi tidak ada angka yang pasti untuk menentukan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat tulisan di blog. Lama dan sebentarnya tergantung bagaimana kita menguasai data yang akan kita tulis.

So. agar semakin mudah dan cepat dalam menulis berarti harus sering-sering menambahkan perbendaharaan data. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar