--> Skip to main content

Menghubungkan Google Adsense Langsung dari Blogspot ke Dashboard dan Perbaikan yang Dilakukan

Sudah lama blog ini ditinggalkan, kalau lihat postingan terakhir di tahun 2019, berarti sudah 2 tahun blog ini vakum. Meskipun vakum ternyata tiap hari masih ada pengunjung setia yang mampir ke blog ini, saya sampaikan terima kasih. Ini menjadi semangat saya untuk bisa meneruskan kembali blog ini. Satu lagi hal yang menjadi penyemangat adalah ketika membuka menu penghasilan, ternyata tombol buka adsense muncul. Padahal setahu saya blog ini beberapa kali didaftarkan ke google adsense tidak pernah berhasil.

Sempat beberapa kali mendapatkan berita di beberapa grup blogger yang menginfokan kalau mendaftar google adsense memang sekarang lebih mudah. Mungkin saja ini kemudahan yang diberikan oleh google kepada semua pengguna blogger. Setelah saya buka blog ini, saya coba memeriksa blog-blog saya lain yang sudah lama juga. Ternyata memang semua blog dibuat aktif pada tombol buka adsense.

Perbaikan Blog Sebelum Dihubungkan ke Google Adsense

Menambah Artikel

Seperti gambar di atas, tampilannya dari buka adsense. Sebelum saya klik tombol buka adsense, alangkah baiknya kalau blog ini ditambahkan dulu satu atau beberapa artikel dulu agar memberikan sinyal atau tanda kalau blog ini masih masih aktif dan masih dikelola oleh pemiliknya. Kareana tahu sendiri kalau blog ini terakhir diupdate tahun 2019 dan mulai 2021 ini akan diaktifkan kembali.

Selain mengupdate artikel, bisa juga dengan memperbaiki artikel-artikel yang dinilai kurang bagus atau informasi yang ada sudah tidak relevan dengan kondisi sekarang. Kemudian bisa juga dengan merubah tanggalnya dengan post-posting yang sudah lama di ubah tanggal ke yang lebih baru.

Memperbaiki Tampilan

Selain dengan membuat artikel, yang saya lakukan adalah memeriksa tampilan blog, apakah masih bagus atau ada tampilan yang harus diperbaiki bahkan bila perlu diganti dengan template yang baru.

Ternyata setelah diperiksa dengan melihat view dari blog pada versi dekstop, kaget karena tampilannya sangat tidak karuan alias berantakan. Ini sudah pasti beberapa link yang menjadi referensi blog ini seperti link CSS dan link javascript sudah hilang, bisa dipindah atau dihapus oleh pemiliknya. Sepertinya saya akan mengganti template dengan template yang saya miliki. Saya menggantinya dengan template kompli flexy, tidak yang versi berapa tapi yang pernah saya beli ke mas Adi Suryadi dulu dan update terakhir di email di tahun 2019.

Memperbaiki Halaman dan Menu

Setelah saya lihat pada blog, ternyata memang blog ini tidak didirencakan dengan baik sehingga pada kategorinya pun terkesan sangat amburadul dan tidak baik. Ada topik-topik yang saling berhubungan tapi ada juga hanya ada 1 atau 2 artikel tapi tetap di muat di blog ini. Jadi sepertinya untuk menu yang akan ditampilkan yang memiliki jumlah artikel lebih banyak.

Selain memperbaiki menu, saya juga akan memperbaiki pada halaman seperti tentang, privacy policy, disclaimer dan site map atau peta situs.

Memeriksa Internal Link dan Eksternal Link

Kalau tidak salah, untuk internal link dan eksternal link dulu pernah diperbaiki dan menghabiskan waktu yang cukup panjang. Kalau ini mungkin beberapa saja yang diperbaiki.

Mungkin ini saja artikel pertama di tahun 2020 dan 2021 ini, mudah-mudahan bermanfaat dan menjadi momen selanjutnya untuk terus update artikel di blog ini.
Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar