Berbicara di Depan Umum? Siapa takut...

Berbicara didepan orang banyak bagi sebagian besar orang adalah hal yang sangat berat dan menakutkan. Apakah anda juga mengalaminya? Jangan khawatir jika anda mengalaminya, karena saya salah satu diantar jutaan orang yang mengalami rasa takut jika disuruh untuk berbicara di depan orang banyak. Sebenarnya perasaan tersebut juga pernah dialami oleh para pembicara-pembicara kondang. Tidak hanya itu, para pesohor negeri ini hingga dunia juga sering mengalaminya lho misalnya para musisi. Namun ada sebagian artis yang sedikit salah jalan, mereka mengatasi apa yang disebut dengan demam panggung itu dengan meminum obat-obat penenang dan terlarang seperti narkoba. Jelas-jelas itu adalah hal yang salah dan pasti merugikan diri sendiri.

Sebagai mantan pelajar tentu pernah disuruh oleh guru untuk maju membaca Undang-undang dasar 1945 atau Pancasila atau Doa untuk tugas upacara bendera pada hari senin. Itu waktu SD atau malah ada yang TK. Dan pasti sebagian besar siswa ketika itu menolak melakukannya bukan berebutan untuk membacanya. Meningkat ke SMP atau SMA disuruh guru bahasa Indonesia membuat puisi dan ditunjuklah beberapa siswa untuk membacakan puisi hasil karangannya di depan teman-temannya. Dan dia pun dengan malu-malu membacakannya tanpa ekspresi dan dengan menundukan kepala tanpa melihat kearah  dimana para penonton berada. Huh….

Meningkat lagi masa-masa kuliah.. Dosen memberikan tugas secar kelompok, agar tiap kelompok membuat makalah dan makalah tersebut didiskusikan di depan kelas. Ada yang bertugas sebagai moderator, penyaji dan pembahas. Pasti adalah salah satu atau salah dua atau malah salah semua yang menolak.. Lagi-lagi huh…..

Disini saya bukan seorang ahli pidato atau pembicara professional atau penceramah kondang, disini saya masih harus banyak belajar, namun saya sedikit mengamati dari beberapa orang yang saya kenal sebelumnya tidaklah pandai berceramah atau berbicara tapi hingga akhirnya menjadi ahli berbicara didepan orang banyak.

1.    Mulailah dari bertanya hal-hal yang sederhana

Ketika disuatu forum diskusi pasti akan ada sesi tanya jawab, disinilah anda bisa mulai belajar. Pertama berpikirkan sedikit untuk menanyakan hal-hal yang dirasa anda belum tahu atau yang sudah anda tahu pun tidak apa2. Tidak perlu memperdulikan pertanyaan tersebut simple dan pasti semua orang tahu, yakinkan diri anda untuk belajar ngomong.. Acungkan tangan atau jari anda, segeralah bertanya jika sudah dipersilahkan.

2.    Buat catatan kecil

Sebelum anda berbicara, pasti sudah terkumpul apa yang akan diomongkan di otak kita. Namun buat mereka yang tidak biasa ketika berbicara apa yang sebelumnya terpikirkan mendadak hilang ditelan bumi. Sehingga alangkah baiknya jika sebelum berbicara buatlah catatan kecil tentang apa yang kita pikirkan.

3.    Tidak mengapa anda salah ucap salah ngomong atau ditertawakan

Seringnya orang takut berbicara di depan orang banyak karena merasa pasti akan melakukan kesalahan jika ngomong didepan orang banyak dan takut ditertawakan. Ini sih memang sudah biasa, anak kecil saja sudah punya perasaan ini. Tidak usah takut untuk salah ngomong, atau ditertawakan. Pikirkan saja “Saya sedang belajar ngomong, otomatis pasti ada salah ngomong, karena saya bukan ahli bicara, namun saya ingin menjadi ahli bicara”.

4.    Pelajari cara para pakar/ ahli melakukannya

Meniru mereka yang sudah jago atau ahli adalah hal dibenarkan bukan hal yang salah, maka apa salahnya jika kita mempelajari cara mereka ngomong. Banyak caranya koq bisa lewat streming di youtube atau mengikuti kajian, diskusi atau seminar para ahli bicara

0 Response to "Berbicara di Depan Umum? Siapa takut..."

Post a Comment