Ramadhan Menjelang, Mari Persiapkan Diri Kita

Ramadhan sebentar lagi datang, tinggal 2 atau 3 hari lagi kemungkinan hadirnya bulan yang agung nan mulia ini. Sebelas bulan yang lalu terlewati dengan penuh dosa dan maksiat. Saatnya lah ramadhan yang penuh berkah dan ampunan menjadi ladang kebaikan dan menabur cinta dan kasih sayang pada orang-orang disekitar kita. Umat-umat sebelum nabi Muhammad yang usianya melebihi umat nabi Muhammad hingga ratusan tahun umurnya bahkan menjadi iri karena keagungannya karena kemuliaannya karena kelebihannya. Ibadah dilipatgandakan bukan hanya 10 atau 100 bisa menjadi puluhan ribu.
Bulan ini istimewa karena didalamnya diturunkan Al Quran sehingga disebut juga dengan bulan Al Quran. Bulan ini menjadi istimewa karena diturunkannya malam Lailatul Qodar yang tidak ada malam melebihi keagungan malam lailatul qodar. Malam seribu bulan.
Lailatul qodar artinya malam kemuliaan, karena pada malam itu Alloh SWT menurunkan Alquran yang merupakan sumber kemuliaan manusia. Adalagi yang mengatakan malam yang sangat bernilai karena pada saat itu jika manusia dalam keadaan taat, maka ketaatan manusia mendapatkan nilai yang sangat tinggi dan pahala yang besar.
Ada perbedaan pendapat diantara kalangan ulama tentang kepastian malam lailatul qodar ini yaitu:
•    Lailatul qodar terjadi setiap tahun di bulan suci Ramadhan terutama pada malam-malam sepuluh hari terakhir ketika Rosululloh SAW beri’tikaf  “Apabila memasuki sepuluh hari terakhir di bulan Ramadhan, Rosulullah menghidupkan malam-malamnya dengan beribadah. Beliau membangunkan istrinya, bersungguh-sungguh dan serius beribadah” hadist riwayat Bukhari dan Muslim
•    Ada hasil lain yang menyebutkan jika malam lailatul qodar berada pada malam-malam ganjil sepuluh hari terakhir di bulan Ramadhan “ Carilah lailatul qodar pada malam-malam ganjil di sepuluh hari terakhir di bulan Ramadhan” hadist riwayat Bukhari dan Muslim
•    Menurut mayoritas ulama menyebutkan pada malam 27 Ramadhan adalah malam diturunkannya Lailatul Qodar
•    Menurut Imam Syafi’I menyebutkan pada malam ke 21 Ramadhan adalah malam diturunkannya Lailatul Qodar.
Dan ada kurang lebih 40 pendapat tentang waktu-waktu adanya malam Lailatul Qodar. 
Dari beberapa waktu yang kita ketahui di atas alangkah baiknya jika kita tetap meningkatkan ibadah kita dari awal Ramadhan agar Ramadhan benar-benar membekas dalam kebiasaan, tingkah laku dan akhlak kita.

0 Response to "Ramadhan Menjelang, Mari Persiapkan Diri Kita"

Post a Comment