--> Skip to main content

Doa Bersama Menyambut Ramadhan "Munggahan"


Saya bukan seorang Ustadz apalagi Kiai, pengetahuan agama juga masih sangat dangkal, ayat-ayat Al-Quran yang saya hafal juga sangat sedikit. Alhamdulillah masih sedikit lancar bacaan Al-Quran saya. Ternyata begitu juga dengan saya masih beberapa kali ditunjuk untuk memimpin doa ketika di kantorku ada suatu acara termasuk salah satunya adalah acara munggahan. Apa itu munggahan? Munggahan berasal dari jawa, munggahan adalah sebuah tradisi sebagai sambutan / menyambut datangnya bulan Ramadhan. Tapi menurut saya munggahan adalah sebagai permohonan/ doa ucapan rasa syukur dan harapan akan datangnya bulan ramadhan yang sebentar lagi datang.
Karena selama ngaji di kampung, belum pernah mendengar istilah munggahan. Baru dengar dan merasakan munggahan ya pada waktu sudah di Jakarta. Apakah ada doa munggahan yang benar? Saya browsing di internet, ternyata tidak ada yang membagikan contoh-contoh doa munggahan. Tapi ini doa-doa yang sudah pernah saya hafal. Berikut petikan Doa munggahan
doa munggahan


Assalamualaikum Wr Wb
Alhamdulillahhirobbil'alamin wabihinasyta'in wa'ala ummuriddunya waddin wassola tuwassalamu'ala asyrofil ambya iwal mursalin sayyidina wamaulana muhammadin wangala alihi wasohbihi ajma'in ammaba'du.
Tidak terasa bulan syaban sudah berada di minggu-minggu terakhir. Keagungan ramadhan meskipun tak diundang apalagi ada undangan pun segera datang. Amat sangat beruntung bagi kita yang masih menjumpai datangnya bulan ramadhan yang kurang lebih tinggal 6 atau 7 hari lagi. Untuk itu marilah Bapak-bapak Ibu-ibu serta rekan-rekan sekalian kita menundukkan kepala sejenak bermunajat kepada Allah. Semoga Alloh masih memberikan kita umur untuk menghabiskan bulan ramadhan dengan keberkahan dan kemulian. Dan semoga kita diberikan kesempatan untuk berjumpa lagi dengan ramadhan lain di masa mendatang. Dan izinkan saya memandunya secara Islam

Bismillahirrohmanirrohim
Allohummashollingala sayyidina wahibibina wasyafingina waduhrina wamaulana muhammad sayyidil awwalin wal akhirin solliwasallim warodiyalloh utangala ngan kulli sadatina ashabi rosulillah hi ajmangina..
Alhamdulillahhirobbil’alamin,
Hamdan syakirin,hamdan na’imin, hamdan yuwafi ni’mahu wayukafi mazidah ya robbana lakal hamdu kama yam baghi lijala lika wajhika wangidhimi sulthonik.
Robbighfirly waliwali dayya warhamhuma kama robbayana soghiro

Ya Alloh ya Robbi, Engkau Maha Pengasih dan Maha Penyayang
Dengan Penuh Syukur Kami Panjatkan Do’a
Berkat Limpahan Nikmatmu yang Tiada Tara

Hari Ini Kami bersama-sama mengikuti acara munggahan, sebagai sebuah sebuah pengingat dan tanda serta sambutan akan datangnya bulan ramadhan..
Kami Bermohon Ya Rabb, Ridhai dan Berkahi Acara Ini

Ya Alloh, Bukakan Kepada Kami Pintu – Pintu Kemuliaan
Berikan kami kekuatan dan kemampuan agar kami bisa menjalankan puasa dengan ikhlas dan lengkap hingga akhir ramadhan
Bersihkan Hati Ini, pikiran ini dan berilah kami semangat, agar kami tetap produktif dan hilangkanlah sifat malas ketika kami berpuasa
Jaga Lidah dan ucapan kami, agar Kami Mulia dengan Tutur Kata yang baik dan Tidak Menyakiti
Muliakan Akhlak Ini, agar Indah dan Mengesankan Hidup Ini

Allahumma aarinal haqqo haqqo warzuqnattibaah wa aarinal bathila bathila
warzuqnajtinaabah.

Ya Rabb, Tuntun Langkah – Langkah Kami ke Jalan Lurus yang Engkau Ridhai
Palingkan Langkah –Langkah Kami dari Jalan Sesat yang Amat Engkau Murkai
Sinari Jiwa kami dengan Nur Ilahi, Agar Kami Mampu Melihat Yang Benar Itu Benar dan Yang Salah Itu Salah dalam Menjalankan Tugas Kami
Agar Kami Khusnul Khatimah dalam mengarungi Kehidupan di Dunia Ini dan Selamat di Akhirat Nanti

Robbana dzolamna anfusana waillam taghfirlananannakunna minal khosirin

Allahumma Barik Lana Fi Rajabi Wa Sya'ban Wa Balighna Ramadhan (Ya Allah, berkahilah kami di bulan rajab dan sya'ban, serta berkahilah kami di bulan ramadhan)

Robbanaatina fiddunya khasanah wafil akhiroti khasanah wakina ngadza bannar
Wasolalloh hungala sayyidina muhammadinnabiyyil umiyi wangala alihi wasoh bihi wasallim
Subbhanarobbikarobbil ngizzatingamma yasifun wasalamun ngalal mursalin walhamdulillah hirobbil ngalamin
Wassalamualaikum wr wb.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar