Doa Bersama Menyambut Ramadhan "Munggahan"


Saya bukan seorang Ustadz apalagi Kiai, pengetahuan agama juga masih sangat dangkal, ayat-ayat Al-Quran yang saya hafal juga sangat sedikit. Alhamdulillah masih sedikit lancar bacaan Al-Quran saya. Ternyata begitupun saya masih saja beberapa kali ditunjuk untuk memimpin doa ketika dikantorku ada suatu acara termasuk salah satunya adalah munggahan. Yang menurut orang jawa munggahan adalah sebuah tradisi sebagai sebuah sambutan datangnya bulan ramadhan. Tapi menurut saya munggahan adalah sebagai tanda dan peringatan bulan ramadhan akan segera datang.
Saya browsing di internet, ternyata berguru pada internet lagi-lagi. Tapi ini doa-doa yang sudah pernah saya hafal. Berikut petikan Doa munggahan


Assalamualaikum Wr Wb
Alhamdulillahhirobbil'alamin wabihinasyta'in wa'ala ummuriddunya waddin wassola tuwassalamu'ala asyrofil ambya iwal mursalin sayyidina wamaulana muhammadin wangala alihi wasohbihi ajma'in ammaba'du.
Tidak terasa dan tanpa terasa bulan syaban sudah berada di minggu2 terakhir dan keagungan ramadhan tak diundang dan tanpa undangan pun segera datang. Amat sangat beruntung bagi kita yang masih menjumpai datangnya bulan ramadhan yang kurang lebih tinggal 6 atau 7 hari lagi. Oleh karena itu marilah Bapak-bapak Ibu-ibu sekalian kita menundukkan kepala sejenak bermunajat kepada Allah. Semoga Alloh masih memberikan kita umur untuk menghabiskan bulan ramadhan dengan keberkahan dan kemulian. Dan semoga kita masih berjumpa lagi dengan ramadhan2 yang lain di masa mendatang. Dan izinkan saya memandunya secara Islam

Bismillahirrohmanirrohim
Allohummasholli’ala sayyidina wahibibina wasyafi’ina,waduhrina wamaulana muhammad sayyidil awwalinawal akhirin solliwasallim warodiyalloh utangala ngan kulli sadatina ashabi rosulillah hi ajmangina..
Alhamdulillahhirobbil’alamin,
Hamdan syakirin,hamdan na’imin, hamdan yuwafi ni’mahu wayukafi mazidah ya robbana lakal hamdu kama yam baghi lijala lika wajhika wangidhimi sulthonik.
Robbighfirly waliwali dayya warhamhuma kama robbayana soghiro

Ya Alloh ya Robbi, Engkau Maha Pengasih dan Maha Penyayang
Dengan Penuh Syukur Kami Panjatkan Do’a
Berkat Limpahan Nikmatmu yang Tiada Tara

Hari Ini Kami bersama-sama mengikuti acara munggahan, sebagai sebuah sebuah pengingat dan tanda serta sambutan akan datangnya bulan ramadhan..
Kami Bermohon Ya Rabb, Ridhai dan Berkahi Acara Ini

Ya Alloh, Bukakan Kepada Kami Pintu – Pintu Kemuliaan
Berikan kami kekuatan agar kami bisa menjalankan puasa dengan ikhlas dan lengkap hingga akhir ramadhan
Bersihkan Hati Ini dan berilah kami semangat, agar kami tetap produktif dan hilangkanlah sifat malas ketika kami berpuasa
Jaga Lidah Ini, agar Kami Mulia dengan Tutur Kata yang Tidak Menyakiti
Muliakan Akhlak Ini, agar Indah dan Mengesankan Hidup Ini

Allahumma aarinal haqqo haqqo warzuqnattibaah wa aarinal bathila bathila
warzuqnajtinaabah.

Ya Rabb, Tuntun Langkah – Langkah Kami ke Jalan Lurus yang Engkau Ridhai
Palingkan Langkah –Langkah Kami dari Jalan Sesat yang Amat Engkau Murkai
Sinari Jiwa kami dengan Nur Ilahi, Agar Kami Mampu Melihat Yang Benar Itu Benar dan Yang Salah Itu Salah dalam Menjalankan Tugas Kami
Agar Kami Khusnul Khatimah dalam mengarungi Kehidupan di Dunia Ini dan Selamat di Akhirat Nanti

Robbana dzolamna anfusana waillam taghfirlananannakunna minal khosirin

Allahumma Barik Lana Fi Rajabi Wa Sya'ban Wa Balighna Ramadhan (Ya Allah, berkahilah kami di bulan rajab dan sya'ban, serta berkahilah kami di bulan ramadhan)

Robbanaatina fiddunya khasanah wafil akhiroti khasanah wakina ngadza bannar
Wasolalloh hungala sayyidina muhammadinnabiyyil umiyi wangala alihi wasoh bihi wasallim
Subbhanarobbikarobbil ngizzatingamma yasifun wasalamun ngalal mursalin walhamdulillah hirobbil ngalamin
Wassalamualaikum wr wb.



0 Response to "Doa Bersama Menyambut Ramadhan "Munggahan""

Post a Comment