Keberkahan Waktu Sahur dan Cara Semangat Bangun Sahur

Puasa dan sahur seperti buku dan pena yang keduanya tidak dapat dipisahkan. Ketika akan melaksanakan puasa baik itu puasa sunah apalagi puasa ramadhan di sunahkan untuk melakukan sahur. Disebut dengan sahur karena dilakukan diwaktu sahar yaitu waktu menjelang subuh.
Menurut hadist yang dirawayatkan oleh Annas bin Malik bahwa Rosululloh SAW bersabda "Lakukan sahur karena didalamnya terdapat keberkahan". Menurut Imam Ibnu Daqiq Al-id. Hadist ini menjadi dasar dianjurkannya melakukan sahur orang yang akan berpuasa. Didalam sahur ada keberkahan, maksudnya adalah keberkahan, baik itu makanannya maupun perbuatannya.
Keberkahan dari segi makanannya tentu saja dapat dirasakan oleh orang yang melakukan puasa. Dia akan tetap kuat fisiknya walaupun dalam keadaan puasa. Keberkahan perbuatannya karena merupakan Sunah Rosul sehingga siapa yang mengerjakannya akan mendapatkan pahala. Waktu sahur seperti hanya acara televisi, merupakan prime timenya waktu ibadah. Karena pada saat itu Alloh turun ke langit dunia dan mengabulkan setiap doa hamba Nya ketika itu dan siapapun yang memohon ampun dan beristighfar Alloh akan mengampuninya.

Namun begitu, walaupun dengan berbagai macam kelebihannya, bagi sebagaian orang sahur merupakan hal yang sangat sulit dilakukan. Mulai dari mengantuk, dingin, harus keluar rumah dulu bagi yang tidak masak. Sehingga perlu energi lebih untuk dapat melakukannya. Ada beberapa cara untuk bisa bangun dan melakukan sahur:
  1. Usahakan tidur lebih awal. Untuk mereka yang biasa tidur malam, ini lah saat yang baik untuk merubah kebiasaan. Sebelum tidur cobalah untuk berwudhu karena menurut hadist "Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhumu untuk melakukan sholat" dan malaikat pun akan menjaga orang yang sebelum tidurnya berwudhu.
  2. Pasang alarm, baik itu HP atau jam weker dan setting suara agar kita merasa terganggu ketika mendengarnya dan taruhlah alarm atau HP itu menjauh dari jangkauan tangan, kaki, kepala sehingga jika alarm berbunyi mengharuskan kita untuk bangun dari tempat tidur.
  3. Untuk yang perlu mencari warung makan dahulu baik mereka yang kos atau rumah sendiri tapi tidak masak perlu menyediakan selalu roti, atau makanan pengganjal lainnya lebih baik lagi kurma dan tentu saja air minum.. ini untuk jaga-jaga kalau kita bangun dan waktu sahur sudah mendekati habis.
  4. Minta bantuan sama tetangga atau teman atau saudara atau siapapun untuk membangunkan.
Mudah-mudahan sedikit tips diatas bisa membantu bangun sahurnya..

0 Response to "Keberkahan Waktu Sahur dan Cara Semangat Bangun Sahur"

Post a Comment