--> Skip to main content

Tips Agar Fisik dan Nafas Kuat Saat Bermain Futsal

Sepakbola atau futsal adalah olahraga yang sangat menyenangkan dan oleh banyak orang di Indonesia baik tua, muda dan anak kecil. Di kota besar seperti Jakarta bertebaran dimana-mana lapangan futsal yang hampir setiap hari terutama di hari sabtu dan minggu atau hari libur lainnya pasti lapangan full booking. 

Futsal yang terdiri dari 5 pemain adalah olahraga tim bukan individual seperti tenis lapangan/ badminton adanya kerjsama tim sangat mutlak dilakukan. Kalau ada yang egois siap-siap untuk tidak diumpani atau paling tidak diinginkan para penghobi futsal adalah tidak lagi di ajak main futsal. Selain kerjasama tim, faktor fisik juga sangat perlu ada. Menurut saya ini sih, fisik dulu baru kerja sama. Karena untuk mendukung kerjasama tim, diperlukan fisik yang kuat. Bagaimana mungkin kita berlarian mengejar bola sementara nafas ngos-ngosan. Kalau sudah gitu, gak ada nikmat lagi bermain futsal, mending pensiun deh jadi pemain futsal. Setelah diluar lapangan hanya melihat teman beraksi dan kita mau main lagi sudah langsung takut kalau lari lagi pasti nafas tidak kuat.
Tips Agar Fisik dan Nafas Kuat Saat Bermain Futsal

Buat kalian yang masih memiliki fisik loyo, nafas ngos-ngosan saat main futsal, ini saya bagikan tips menjadi pemain futsal jempolan dengan fisik yang prima dan nafas kuat.

Tips Agar Fisik Kuat dan Nafas Panjang Saat Bermain Futsal

1. Latihan Fisik
Futsal bukan olahraga otak, tapi kebanyakan fisik. Meskipun untuk menerapkan strategi jitu, perlu otak yang jenius pula. Para pemain dituntut lebih banyak berlari dari pada berjalan. Intensitas lari lebih banyak dibandingkan dengan bermain sepakbola. Apalagi ditambah dengan shooting dan bertahan. Fisik kuat tentu di awali dengan latihan fisik. Tanpa latihan tidak mungkin tubuh secara otomatis menjadi kuat. beberapa latihan fisik yang biasa dilakukan adalah sebagai berikut:

A. Lari
Lari perlu diawali dengan pemanasan terlebih dahulu, seperti memutar-mutar di ujung kaki, berganti dari kaki kanan dan kaki kiri, meregangkan kaki kedepan dan kebelakang. Setelah itu, pada tahap latihan awal cukup lari pelan-pelan dengan durasi waktu 10 menit, kemudian jika kuat, ganti dengan 20 menit, jika kuat ganti dengan 30 menit. Jika sudah sampai 30 menit. Jaga kondisi ini, dan berlatihan untuk berlari lebih cepat. Atau jika latihan dilakukan di lapangan, kekuatan dapat dinilai dari berapa putaran kita bisa berlari.

B. Skipping
Skipping adalah latihan fisik dengan cara lompat dengan tali yang diputar memutari tubuh kita. Bisa dilakukan dengan durasi 50 kali lompatan lalu istirahat sebentar dilanjut lagi hingga latihan dirasa cukup.

C. Berenang
Latihan fisik dengan cara berenang tentu hanya bisa dilakukan oleh mereka yang bisa berenang. Berenang memiliki manfaat untuk melatih otot agar lebih kuat, merelaksasi otot. Selain itu, melatih diri dengan berenang akan membuat fisik menjadi lebih kuat karena nafas akan terus dilatih agar kuat

2. Makanan Bergizi
Agar mempunyai tubuh yang kuat tentu harus disertai dengan asupan makanan yang bergizi. Makanan bergizi tidak harus dengan daging, Tips Agar Fisik dan Nafas tidak ngos-ngosan serta kuat Saat Bermain Futsal justru sayuran lebih penting. Dan rutinkan mengkonsumsi susu, karena susu mengandung gizi yang sangat tinggi.

3. Hal Yang Harus Dihindari
Beberapa hal yang sepertinya sangat remeh namun bisa mengurangi kekuatan kita saat bermain futsal seperti merokok, minum suplemen berenergi/ suplemen dan begadang.

Seperti tertera pada bungkus rokok, bahwa rokok dapat mengakibatkan kanker, serangan jantung, impotensi, dll. Penjualnya saja memperingatkan demikian, pasti karena bukti bahaya dari rokok. Dan memang benar jika seorang perokok pasti akan tidak kuat berlari-lari terlalu lama.
Minuman bersuplen seperti kratingde** dll, memang membuat tubuh menjadi seperti berenergi, tapi sebenarnya sangat menguras tubuh, karena zat-zat yang ada didalamnya memaksa tubuh bekerja lebih berat, sehingga membuat tubuh menjadi cepat lelah.
Kalau yang suka begadang, kurangi dulu begadangnya, karena kebanyakan begadang akan membuat tubuh makin kelelahan. Apalagi kalau begadang di hari kerja, sudah siangnya kerja, malamnya malah begadang, besoknya malah ngantuk tubuh lelah. Karena begadang lebih banyak mengurangi waktu istarahat yang kita miliki.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar