--> Skip to main content

Kenaikan BI Rate Picu Kenaikan Suku Bunga Bank

Kenaikan BI rate atau suku bunga acuan dari 5,75 persen menjadi 7,25 persen hampir pasti akan menaikan suku bunga bank. Kenaikan tersebut sebagai akibat dari melemahnya nilai rupiah terhadap dollar yang hingga Sabtu, 14 September 2013 berada di angka Rp 11.395,00 per Dollar AS (sumber:Kompas). Namun kenaikan suku bungan tidak serta merta langsung naik, namun secara bertahap, seperti yang dilakukan oleh Bank ODBC NISP melalui Presiden Direkturnya Parwati mengatakan Banknya sudah menyelaraskan suku bungan simpanan sesuai kenaikan BI Rate dan untuk suku bunga kredit akan dilakukan secara bertahap.

Bank lain seperti Bank Mandiri juga sudah akan menyesuaikan suku bunga simpanannya sedangkan untuk suku bunga kredit akan dilakukan secara bertahap. Begitu juga dengan Bank Negara Indonesia akan menyesuaikan kenaikan suku bungan baik pinjaman maupun simpanan.

Dan pada hari Jumat kemarin tanggal 12 September 2013, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) melalui Press Release dan dapat di lihat di Running Teks website LPS telah mengevaluasi tingkat suku bungan penjaminan dalam rupiah dan valas di Bank Umum serta simpanan Rupiah di Bank Perkreditan Rakyat

Bank Umum
BPR
RupiahValasRupiah
7,00%1,50%9,50%

Kalau di tahun 2019 saat ini, BI rate masih berkisar 5,75. Kalau dibandingkan dengan BI Rate ketika artikel ini ditulis pertama kali, mengalami penurunan. Ini berarti kondisi ekonomi sekarang lebih baik dibandingkan dengan beberapa tahun lalu. Hal ini terbukti dengan semakin banyaknya orang yang bisa memiliki rumah sendiri dengan kpr dibandingkan dengan dulu.

Begitupun dengan ketersediaan rumah bagi masyarakat, semakin banyak dan pemerintah berusaha untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Keadaan ini tentu akan sangat membantu dalam segi pemulihan dan peningkatan ekonomi Indonesia menjadi lebih baik.

Adanya acuan dalam perokomian negara akan semakin memudahkan dalam membuat berbagai instrumen dalam peningkatan kesejahteraan hidup bangsa Indonesia saat ini maupun yang akan datang.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar