Senam Yang Nyaman dan Menyehatkan

Setiap hari jumat ditempat saya bekerja biasanya dilakukan senam kesegaran jasmani bersama. Sebenarnya bukan senam kesegaran jasmani, tapi lebih mengarah pada aerobik. Pernah saya juga saya ikut, dan terlihat didominasi oleh para wanita dan kaum hawa namun para pria dan bapak-bapak juga tidak sedikit yang turut bersemangat. Tahu karena senamnya yang bikin semangat atau instrutur senamnya. hahaha. Namun baru 2 atau 3 kali ikut, jadi kurang menarik, karena yang saya rasakan badan memang berkeringat, tapi koq senam tanpa pemanasan atau pendinginan. Juga gerakannya awut-awutan. Gimana nanti pengaruh ke badan, mbentuk kagak malah sakit-sakitan atau cedera lagi, bisa gawat. Tapi namanya senam juga ga akan membuat badan menjadi pegal-pegal.

Beberapa saran sebaiknya dilakukan agar kualitas olahraga yang dilakukan menjadi lebih baik

1. Didahului dengan Pemanasan
Pemanasan bisa dengan lari-lari kecil, peregangan otot-otot agar tidak kaget nantinya jika melakukan lompatan atau gerakan ekstrim lainnya.

2. Gerakan secara teratur.
Gerakan yang teratur dan harmonis akan menimbulkan kenyamanan di badan. Beda dengan gerakan yang acak-acakan, misalkan setelah gerakan dikepala langsung lompat-lompat, sebaiknya kepala berurutan kebawah dan kaki bagian paling terakhir. Ritme atau kecepatan gerakan dimulai dari yang santai, agak kencang, kencang, agak kencang, santai

3. Diakhiri dengan pendingan
Pendinginan dilakukan untuk menetralisir nafas, dan otot yang tegang agar tidak timbul pegal-pegal dan juga cedera.

3 Responses to "Senam Yang Nyaman dan Menyehatkan"

  1. salam kenal :)
    senam SKJ ini apkh asli dri indonesia atau bkan yah ?? n manfaatny apa aja yah koq sampe diwajibkan ama pemerintah ??
    oiya btw apkh admin tau toko baju senam yg mnjual baju senam muslim?
    maksih, salam sukses

    ReplyDelete
  2. Gan agar terhindar dari cidera saat senam bagaimana cara mengurangi resiko tersebut? dan menurut Gan baju senam wanita berbahan apa yaa yang paling nyaman dipakek senam?

    ReplyDelete
  3. bujur banar mas, jika kita melakukan senam sesuai prosedur dan tata cara yang baik tentunya hasil juga akan baik. Senam SKJ mantap tuh mas jaelani hehe

    ReplyDelete