--> Skip to main content

Apa Itu Inflasi?

Sudah tidak asing lagi, ketika seseorang ditanya apa itu inflasi pasti langsung menjawab inflasi adalah penurunan nilai tukar rupiah terhadap dollar amerika. Ada lagi yang bilang jika inflasi ketika menukarkan dollar amerika ke rupiah, akan mendapatkan uang rupiah yang banyak nominalnya. Pernyataan tersebut tidak salah namun juga tidak benar, karena menurunnya nilai tukar rupiah hanya sebagai salah satu indikasi atau tanda terjadinya inflasi.

Indikasi lain terjadinya inflasi adalah keberadaan suatu barang di pasaran menjadi langka dan sehingga lama kelamaan harga barang menjadi mahal. Dapat dicontohkan baru-baru ini kelangkaan daging dipasaran sehingga mengakibatkan harga daging semakin mahal hingga mencapai seratus ribuan. Hal ini diakibatkan tidak dapat mencukupinya pemenuhan kebutuhan daging oleh peternak sehingga pemerintah mengantisipasinya dengan melakukan import daging ke Australia.
Beberapa waktu lalu harga bawang putih juga mengalami lonjakan yang sangat signifikan, hal ini dikarenakan sebanyak 394 kontainer yang membawa ribuan ton bawang putih impor dari China tertahan di pelabuhan tanjung priok. Sehingga sesuai dengan hukum ekonomi, permintaan bawang putih yang tinggi dan bawang putih dipasaran langka, otomoatis harganya menjadi tinggi. 

Dari beberapa uraian diatas, dapat diketahui ketika barang langka dipasaran harga barang menjadi naik, sehingga daya beli masyarakat menjadi berkurang. Inilah yang disebut dengan inflasi. Daya beli merosot dapat dicontohkan, harga bawang putih sebelum inflasi adalah Rp 4.000 perkilo dan setelah inflasi harga bawang putih per kilo menjadi Rp 80.000 sehingga dengan nilai Rp 4.000 hanya memperoleh setengah ons bawang putih. 

Inflasi juga karena uang yang beredar dipasaran begitu banyak karena ketika harga naik, orang membutuhkan uang yang lebih banyak sehingga banyak orang menarik uangnya dari bank.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar