5 Tips Belanja Hemat

Belanja merupakan kegiatan yang menyenangkan, apalagi jika dilakukan bersama-sama dengan orang yang dekat kita baik itu keluarga, teman, sahabat, rekan kerja, teman sekolah dan lain-lain. Belanja mungkin dulu identik dengan kaum wanita, tapi akhir-akhir ini juga tidak cuma wanita yang sering belanja, para pria juga sudah mulai senang dengan belanja. Bermacam jenis kebutuhan mulai dari yang pokok hingga yang selingan namun cukup mewah menjadi obyek kegiatan yang bernama belanja.
Tidak jarang ketika seorang Ibu belanja di pasar berniat membeli kebutuhan untuk dimasak pada hari itu, tapi waktu sampai dirumah bukan cuma sayur, bumbu dapur atau beras yang diperoleh. Baju anak, sarung untuk suami, sandal, padahal barang-barang tersebut juga masih ada di rumah. Atau seorang pelajar tadinya mau membeli buku pelajaran, tapi ternyata tidak cuma buku pelajaran yang dibeli, malah tambah beli komik dan majalah bola. Atau seorang remaja

Ada beberapa tips agar belanja menjadi hemat dan tidak membengkak

1. Buat Catatan
Sebelum membeli, perlu diketahui apa-apa saja yang perlu dibeli dan sebaiknya dicatat dengan kertas, cukup dengan kertas kecil atau dengan handphone anda.

2. Perkirakan Pengeluaran
Setelah membuat catatan, perkirakan harga dari masing-masing barang yang anda mau beli. Sehingga anda mengetahui perkiraan pengeluaran untuk belanja anda

3. Bawalah Uang Secukupnya
Bila sudah diketahui berapa perkiraan jumlah pengeluaraan yang akan habis saat belanja, alangkah baiknya membawa uang sesuai dengan jumlah perkiraan anda ditambah dengan biaya transport dan makan.

4. Kendalikan Keinginan
Ketika berada di mall atau supermarket, melihat tulisan diskon 30% atau 50% apalagi sampai 70% pasti air liur langsung menetes. Dalam hati, "kapan lagi, mumpung ada diskon neh..", langsung berebut dengan penikmat diskon lain, memilih barang diskonan. Bukannya tidak boleh membeli barang diskonan, tapi kendalikan keinginan, pikirkan apakah barang tersebut memang penting atau hanya faktor diskon menjadikan kita ingin membeli.

5. Tetapkan Pilihan
Misal saja ada seseorang mau membeli handphone spesifikasi A, ditawarkanlah HP lain  dengan spesifikasi A+1 hanya, dengan menambah beberapa rupiah dari harga hp pertama. Akhirnya karena tergoda, dipilihlah hp dengan spesifikasi A+1. Namun ternyata menyesal kemudian, karena harganya jika dihitung-hitung ternyata lebih mahal. Untuk itu sangat penting menetapkan pilihan sebelum berbelanja.

0 Response to "5 Tips Belanja Hemat"

Post a Comment