Persiapan Menghadapi Psikotes

Selain tes tertulis, wawancara,  tes kesehatan, salah tahapan yang juga sering dilakukan dalam proses seleksi kerja maupun seleksi lainnya adalah psikotes. Melalui psikotes, seorang pelamar atau peserta akan diketahui kecenderungan perilakunya, sehingga dapat diperkirakan kecocokan dengan lowongan yang sedang diperebutkan kursinya. PsikoPsikotes harus dipandu oleh psikolog, karena psikologlah yang mengetahui ilmu tentang psikologi dan penggunaannya dalam dunia kerja.

Biasanya psikotes tidak hanya satu macam soal dan seringnya terdiri beberapa macam soal, mulai dari pengisian data diri peserta pada awal, menggambar orang, kayu hingga tes yang paling lama yaitu mengisi lembar kerja Pauli, yaitu kertas selebar koran dan berisi angka-angka kemudian dijumlahkan satu persatu. Pada tiap-tiap psikotes belum tentu dengan soal atau alat yang sama. Pengguanaan alat tes tersebut disesuaikan dengan tema atau tujuan diselenggarakannya psikotes.

Sebelum mengikuti psikotes,sebaiknya melakukan persiapan

1. Ketahui Soal Psikotes
Sekarang banyak tersedia contoh soal psikotes di toko buku. Mulailah mencari buku tersebut, agar mengetahui seperti apa soal psikotes dan bagaimana menyelesaikannya.

2. Berlatih Mengerjakan Soal
Kadang karena lama tidak mengerjakan hitungan, tambah/kurang/kali/bagi kemampuan otak jadi sedikit pelan. Latih dan asahlah mulai dari sekarang. Coba kerjakan soal-soal yang sudah anda miliki dari buku yang sebelumnya dibeli, sehingga menjadi terlatih.

3. Persiapkan FisikSatu kali psikotes bisa memakan waktu hingga 5 jam, bahkan bisa lebih dan dalam rentang waktu tersebut mungkin tanpa diselingi istirahat atau hanya untuk ishoma saja. Jadi sebelum psikotes malamnya anda istirahat benar-benar dan jangan begadang,kemudian paginya jangan lupa sarapan dan jika bisa hindari sambal atau lainnya yang bisa membuat masalah dalam perut anda.

4. Persiapkan Mental
Berdoalah sebelum pelaksanaan psikotes, agar batin anda menjadi tenang. Karena psikotes yang lama, jangan hiraukan keadaan sekeliling anda, tetaplah fokus dengan soal dan lembar jawab di depan anda. Kerjakan yang menurut anda mudah dan sesuai dengan diri anda.

0 Response to "Persiapan Menghadapi Psikotes"

Post a Comment