Asyiknya Kalau Mengupil... Bahayakah?

Siapa sih yang tidak pernah mengupil, itu lho mengambil sesuatu yang ada didalam hidung kita, atau dalam istilah inggrisnya pick one's nose. Bahkan ada yang bukan pernah lagi mengupil, malah menjadikannya sebagai hoby lebih gila lagi sebagai pekerjaan sehari-hari. Sambil baca buku tiba-tiba jari telunjuk sudah mulai beraksi dan menusuk terus mengaduk-aduk lalu menarik nya keluar atau kalau sudah kesal tidak kena-kena langsung saja ditarik secara paksa. Uh.. ada perasaan nikmat campur haru karena tidak sedikit yang sampai meneteskan air mata karena bulu hidung juga ikut tercabut.

Pernah dengar dari cerita orang yang masih kecil juga dari beberapa orang yang sudah pernah kecil, mereka pernah merasakan dengan lidah mereka bagaimana rasa upil itu. Terbayang betapa jijiknya.. Huokss... untuk masih ada kantung plastik, jadi bisa langsung tuntas keluar sisa makanan tadi siang. Katanya rasanya asin...
Aduh, membayangkan saja sudah naik turun isi perut, malah sudah merasakan.

Selidik punya selidik, ternyata Upil adalah lendir dihidung yang telah mengering. Lendir dihidung sendiri dihasilkan oleh kelenjar mukus yang terdapat dihidung pada jaringan epitel kulit. Lendir tersebut mengering dan bercampur dengan kotoran-kotoran yang masuk ke hidung. Tentu saja kotoran tersebut sifatnya mikro, seperti debu, sisa asap kendaraan bermotor, jamur, serbuk bunga dan ga mungkin kan kalau kulit pisang masuk ke hidung, emangnya hidung tempat sampah?Sehingga warna dari upil juga bermacam-macam. Bisa putih, coklat, bahkan hitam. Warna hitam jika udara yang sering terhirup adalah udara kotor.

Rasa asin tersebut timbul karena upil kandungan zat-zat yang ada di dalam upil.seperti protein, karbohidrat, garam-garaman hasil ekskresi tubuh, dan debris sel. Wah.. ternyata kandungan gizinya tinggi juga, baik dong buat kesehatan tubuh? Jawabannya tidak, karena upil membawa kotoran dari hasil saringan oleh bulu-bulu hidung dan menempel pada lendir dan lendir akhir mengering menjadi upil. Sehingga tidak baik buat kesehatan. 

Sebaiknya buat anda yang suka atau hoby atau memiliki pekerjaan mengupil sebaiknya segera berhenti atau resign, karena berbahaya. Ga mau kan kalau hidung berdarah karena mengupil, akhirnya menjadi infeksi dan jangan sekali-kali mencicipinya.

0 Response to "Asyiknya Kalau Mengupil... Bahayakah?"

Post a Comment