Badan Pegal Setelah Berolahraga

Hari sabtu pagi, kebetulan ada kompetisi futsal antar eselon II di tempatku bekerja. Ada kurang lebih 13 tim dengan anggota masing-masing tim adalah 12 orang. Tapi karena satu dan lain hal tim tempat saya bergabung tinggal tersisa 9 orang, padahal hari itu harus 3 kali bertanding dengan tim yang berbeda. Waktunya sih tidak terlalu lama sebenarnya, cuma 15 menit kali 2 babak, jadinya 30 menitan untuk setiap pertandingan. Tapi bagi saya yang mantan atlet ini (atlet balap karung), tetep saja ngos-ngosan, padahal sudah berposisi sebagai penjaga gawang lagi, yang cukup anteng saja dibawah mistar gawang menunggu bola datang. Padahal seharusnya jadwal tanding di grup kami ada 4 kali, untung saja satu pertandingan penyisihan grup sisa digelar hari sabtu minggu depannya lagi.

Pertandingan dari jam 9 pagi dan selesai jam setengah 2 siang, ya karena lapangan terbatas dan setiap tim harus bertanding beberapa kali, jadi harus rela bergantian dan waktu gantian itu bisa untuk istirahat.

Sampai di kos, makan terus sholat, dan baru terasa waktu wudhu koq tangan ini pegal-pegal semua, dan buat membasuh muka saja terasa kaku sekali. Akhirnya penasaran dan pengin tahu, kenapa setelah berolahraga badan menjadi pegal-pegal, padahal tadinya tidak. Ternyata penyebabnya adalah kurangnya peregangan otot sebelum melakukan olahraga. Setelah saya ingat-ingat benar juga, sebelum bertanding, langsung saja tendang-tendang bola tanpa lari-lari kecil terlebih dahulu, atau pelemasan otot dahulu. 

Ada beberapa tips yang saya dapatkan berkaitan dengan mengurangi rasa sakit selepas berolahraga:
1. Istirahat total
2. Olehkan obat anti peradangan
3. Melakukan peregangan atau pendinginan
4. Mengompres dengan es
5. Pemijatan pada otot

0 Response to "Badan Pegal Setelah Berolahraga"

Post a Comment