--> Skip to main content

Cara Membuat Tabel di Blog

Apakah pernah membaca artikel di suatu blog yang panjang banget. Artikel tersebut hanya berisi tulisan yang panjang, tanpa diselingi dengan gambar atau video atau sekedar tabel. Mungkin pembaca artikel hanya bertahan sekian detik kemudian artikel langsung di close. Ternyata banyak pembaca artikel di blog lebih memilih hanya membaca judul suatu artikel/ hanya membaca sub bab artikel tanpa membaca artikel secara lengkap. Mungkin inilah perlunya gambar/ video/ tabel untuk melengkapi artikel kita.

Pada artikel kali ini bukan untuk membahas cara membuat gambar di blog atau membuat video, tapi cara membuat tabel di blogger. Cara ini juga bisa diterapkan untuk membuat tabel di wordpress. Bagi anda yang belum tahu, membuat tabel di blog sangat berbeda dengan membuat tabel di word atau excel. Kalau membuat tabel di word, kita bisa langsung membuat dengan mengklik insert, kemudian klik tabel lalu isikan jumlah baris dan kolom yang diperlukan dan jadilah tabel. Tinggal disesuaikan saja.


Kalau mau membuat tabel di blog, tidak seperti itu, kita harus membuat kode dan mengaturnya baru kemudian jadilah tabel. Meskipun tabel diblog harus dengan menyisipkan kode, tapi tidak sulit sulit amat kok, malah terbilang sangat mudah. Berikut kami berikan cara membuat tabel di blog, mudah-mudahan gampang dimengerti.


Membuat tabel diblog tidaklah sesulit yang dibayangkan.

NomorNamaNo HandphoneAlamat
1Roberto Ayala0813569856Spanyol
Seperti contoh diatas tabel yang terdiri dari 4 kolom dan 2 baris, bisa dibuat dengan membuka menu HTML pada entri posting blog kemudian tuliskan kode berikut:
<table border="1">
<tr>
<td>Nomor</td>Nama <td>No Handphone</td> <td>Alamat</td>
<tr>

<tr>

<td>1</td>Roberto Ayala<td>0813569856</td> <td>Spanyol</td>
<tr>
<table>

KETERANGAN:
<table> adalah perintah untuk membuat tabel
border=1 perintah untuk ketebalan border/ atau garis pada tabel
<tr> perintah untuk membuat row atau baris
<td> perintah untuk membuat kolom baru


 tabel harus ditutup dengan </ pada masing2 perintah seperti:
<table> ditutup dengan</table>
<tr> ditutup dengan</tr>
<td> ditutup dengan</td>

Langsung praktek saja, kalau mau lebih lengkapnya bisa melihat panduan membuat kode-kode html di w3school.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar