--> Skip to main content

Cara Agar Bisa Tidur Saat Insomnia

Tidur menjadi sebuah kebutuhan setiap manusia. Karena saat tidur itu tubuh bisa berelaksasi dan beristirahat. Namun apa jadinya jika seseorang mengalami sulit tidur atau disebut dengan insomnia. Pasti sangat tersiksa, dan tubuh menjadi lemah karena terlalu lelah. Gejala insomnia bisa diketahui dengan sulitnya untuk tidur dan ini terjadi berulang-ulang. Beda antara pelajar yang besoknya ujian, dan malamnya belajar semalam suntuk sehingga tidak tidur, bukan kategori insomnia. Tapi kalau dilakukan berulang-ulang setiap akan ujian namanya belum teridentifikasikan apakah insomnia atau malasnia. Kesulitan tidur yang berulang bisa menyebabkan frustasi dan justru memperparah kesulitan tidur.

Seperti gambar diatas, pernah lihat film Mr. Bean yang dibintangi oleh Rowan Atkinson. Pernah ada satu adegan cerita yang mengisahkan kalau Mr. Bean kesulitan tidur. Dengan berbagai cara yang penuh adegan kocak, si Mr. Bean ini tidak juga bisa tidur. Akhirnya cara terakhir adalah dengan menghitung domba yang ada di tv atau gambr. Dihitunglah satu persatu, hingga berkali-kali akhirnya tertidur juga.

Memang insomnia sangat mengganggu, apalagi kalau sampai berhari-hari tidak tidur, bisa-bisa pingsan kita karena kelelahan. Untuk mengatasi insomnia tentu saja tidak harus menghitung domba seperti yang dilakukan oleh Mr. Bean. Ada cara yang lebih sederhana dan bisa dilakukan oleh semua orang.

Jika hal itu terjadi pada anda kemungkinan anda terserang insomnia. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan jika gejala insomnia melanda
  1. Tenangkan pikiran, dengan berdoa atau menarik napas dan membuang napas secara teratur diikuti dengan hitungan. 
  2. Jika karena cuaca yang panas, coba nyalakan ac atau kipas angin yang bisa sedikit mendinginkan lingkungan tempat anda tidur.
  3. Biasakan mandi di sore hari, karena mandi akan menyegarkan badan anda dan pori-pori tidak tertutup oleh kotoran di tubuh.
dari sekarang jangan pernah mengabaikan insomnia. Karena kalau keterusan bisa menyebabkan menurunnya kesehatan dan daya tahan tubuh. Sebab, waktunya kita tidur malah tidak bisa tidur, akhirnya tubuh menjadi semakin lemah.

Demikian artikel yang singkat ini, mudah-mudahan bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar