--> Skip to main content

Menghilangkan Spasi di Excel

Menghilangkan spasi di excel merupakan pekerjaan yang sangat mudah, tinggal klik pencet backspace atau delete. Tapi apa jadinya jika yang harus dihilangkan lebih dari satu data misalkan ratusan atau ribuan data tentu menjadi pekerjaan yang melelahkan dan membosankan.

Ada beberapa cara cepat dalam hitung detik semua spasi akan hilang tanpa menghilangkan huruf yang didepan maupun dibelakangnya.
Misalkan sel ada data A1
Maka di Sel A2 atau di yang lainnya ketik =(SUBTITUTE(A1;" ";"")) langsung pencet enter atau tab, dalam hitungan detik semua spasi akan hilang.

Cara paling mudah dalam menghapus spasi di excel adalah dengan menggunakan find dan replace. Shortcut find and replace adalah Ctrl+H. Dengan menekan kombinasi tombol Ctrl dan huruf H, maka akan langsung muncul dialog box find and replace. Isi isian Find dengan Spasi kemudian replace dengan tanpa diisi apapun.

Kenapa saya buat artikel mengenai cara menghilangkan spasi di excel ini? Karena saya pernah mengalami beberapa kali masalah yang sama, agar tidak lupa ya dibuat saja catatannya di blog ini.

Saya pernah akan menghilangkan spasi NIP di Excel. Kalau yang belum tahu NIP yang baru terdiri dari 18 angka. Kadang ada yang menulis NIP dengan tanpa spasi, ada juga yang mengisinya dengan spasi. Biasanya spasinya ada beberapa dalam satu set NIP. Kesulitannya jika ada spasi pada NIP, jika mau dihubungkan dengan data lain yang memiliki NIP tanpa spasi, maka data tidak akan nyambung. Karena referensinya berbeda, referensinya tanpa spasi, tapi tujuan atau target mengandung spasi.

Selain itu, kalau mau mengupload data dari excel ke sql, biasanya harus disamakan dulu data di excel dengan data pada sql. Sebab kalau data sudah diupload, tapi ternyata data referensi berbeda dengan data yang ada di sql, ya tidak bisa dilakukan pengolahan lebih lanjut.

Kalau mau menghilangkan spasi panjang pada excel, bisa dengan menggunakan perintah atau fungsi SUBTITUTE. Langsung saja praktek dari sekarang kalau mau mencoba. Dari pada nanti-nanti malah lupa.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar