Hati-Hati Yang Suka Menahan Kencing, Bahaya..!

Menahan kencing, hal biasa dialami oleh mereka yang suka ketakutan sehingga untuk pergi ke kamar mandi harus menunggu orang lain untuk mengantarnya, jika perlu malah tidak usah ke kamar mandi dan rela menunggu hingga matahari muncul. Menahan kencing juga biasa terjadi kalau seseorang bepergian menggunakan bis atau mobil atau kendaraan lain yang tidak ada fasilitas toilet sehingga harus menunggu berhenti di pool atau di pom bensin agar bisa buang air kecil.

Kencing atau urin atau air seni adalah cairan sisa yang disekresikan oleh ginjal yang kemudian akan dikeluarkan dari dalam tubuh melalui proses urinasi. Ekskresi urin diperlukan untuk membuang molekul-molekul sisa dalam darah yang disaring oleh ginjal dan untuk menjaga homeostatis cairan tubuh. Homeostatis artinya suatu kondisi keseimbangan internal yang ideal, dimana semua sistem tubuh bekerja dan berinteraksi dalam cara yang tepat untuk memenuhi semua kebutuhan dari tubuh.

Sehingga mau tidak mau air seni tersebut harus dibuang dengan segera dari dalam tubuh. Menahan air kencing dapat menimbulkan beberapa bahaya, diantaranya:

1. Penyumbatan Ureter
Ureter adalah suatu saluran muskuler berbentuk silinder yang mengantarkan urin dari ginjal menuju kandung kemih. Panjang ureter sekitar 20 - 30 cm dengan diameter maksimum sekitar 1,7 cm didekat kandung kemih dan berjalan dari hilus ginjal menuju kandung kemih. Ureter merupakan bagian dari traktus urinarius yang terdiri dari 2 saluran pipa yang masing-masing bersambung dari ginjal (tepatnya setelah pelvis renalis) ke kandung kemih Ureter atau saluran kencing dapat tersumbat karena ada penggumpalan kotoran. Ureter yang bentuknya seperti selang Kotoran yang tadinya kecil-kecil berukuran mikro, akibat mengendap terlalu lama akhirnya menjadi mengumpul dan menggumpal. Kotoran yang menumpuk  juga akan menimbulkan pembusukan dan infeksi di saluran ginjal

2. Infeksi Ginjal
Ginjal adalah organ yang berbentuk seperti kacang besarnya kurang lebih sebesar kepalan tangan. Terletak didekat punggung bagian bawah di tengah-tengah. Ginjal adalah pengumpul sampah di dalam tubuh manusia. Ginjal memproses kurang lebih 189 liter darah untuk diproses dan dipilah menjadi sekitar 1,89 liter zat-zat sisa dan air. Zat sisa dan air tersebut lah yang menjadi air. Sehingga menahan zat sisa tersebut untuk dikeluarkan dari dalam tubuh tentu juga akan menahan kuman-kuman untuk dikeluarkan dari tubuh, akibatnya kuman pun berkembang biak. dan sangat memungkinkan berakibat pada infeksi ginjal

3 Infeksi Kandung Kemih
Kandung kemih berbentuk seperti kantung seperti balon. Namun balon juga punya kapasitas udara. Sangat berbahaya jika menahan kencing melebihi kapasitas kandung kemih.


0 Response to "Hati-Hati Yang Suka Menahan Kencing, Bahaya..!"

Post a Comment