--> Skip to main content

Mematikan PC, Gunakan Fungsi Shutdown

Hari gini masih ada yang belum bisa mematikan komputer? Awas kalau jawabanya, siram aja pakai air, pasti komputer mati. Iya ini komputer mati, tapi selamanya. Gak boleh juga kalau juga tinggal cabut kabel powernya, pasti mati kok komputernya. Kalau gini mah, keponakan ane yang 2 tahun aja bisa matiin komputer.

Cara mematikan komputer yang benar itu loh yang saya maksud. Pencet tombol shutdown kemudian komputer akan mati secara perlahan lahan. Kalau kita mematikan komputer secara normal, ketika dihidupkan juga normal-normal saja. Beda ketika komputer mati karena tidak normal, seperti ketika mendadak listrik mati sehingga komputer pun ikut mati. Ketika komputer dinyalakan akan muncul pesan yang menginfokan kalau komputer ketika dimatikan secara tidak benar.

Sepertinya sangat simpel dan sangat mudah mematikan komputer itu, tapi efeknya sangat banyak.

Menghidupkan dan mematikan komputer adalah hal yang sangat mendasar dalam penggunaan komputer baik dalam bentuk personal computer (PC) maupun laptop. Dalam keadaan terburu-buru orang biasanya akan menekan lebih lama tombol power dikomputer sehingga komputer akan langsung mati. Memang cara ini terbilang singkat tanpa harus menekan sana sini, komputer dalam waktu tidak sampai satu menit akan mati.Namun ternyata cara ini menjadi jalan terbaik untuk merusak komputer. Karena ketika komputer melakukan shutdown secara normal, beberapa hal dilakukan oleh komputer seperti

1. Melakukan perekaman ulang terhadap terhadap komponen dan software komputer yang digunakan
2. Penghentian seluruh aktivitas komputer setelah ada perintah dari prosesor, sehingga beberapa hal yang terjadi jika shutdown mendadak dilakukan adalah adanya kerusakan pada prosesor, RAM, harddisk juga power supply
3. Pendinginan komponen komputer oleh fan

Sehingga sangat penting ketika akan mematikan komputer sebaiknya dilakukan secara normal terkecuali dalam keadaan mendesak seperti komputer hang. Kalau komputer mati, kita kan tidak bisa kerja. Kalau tidak bisa kerja, urusan jadi panjang karena banyak yang tertunda. Apalagi kalau banyak file di komputer kita. Makin parah kalau harddisk yang kena, pasti makin bingung kita. Untuk itu, matikan komputer secara normal agar komputer tetap awet dan tidak mudah rusak.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar