Mengatasi Komputer Mati dan Bunyi Bip

Pagi-pagi beberapa hari yang lalu ketika menyalakan komputer, temen saya kaget karena tiba-tiba komputernya tidak bisa nyala dan bunyi bip terus menerus. Setelah coba direstart dan berharap komputer akan hidup seperti sedia kala, tapi ternyata masih saja mati dan bunyi bip bip tidak berhenti. Akhirnya casing pun dibuka, berdasarkan pengalaman, kalau komputer mati dan bunyi bip, kemungkinan yang bermasalah adalah RAM kalau tidak Prosesor nya. , pertama coba membersihkan RAM nya, karena lebih mudah dibuka dan harganya lebih murah dari prosesor jadi yang dipilih untuk di acak-acak adalah RAM nya.  RAM nya kebetulan tidak cuma satu, tapi ada empat. Masing-masing 2 buah 2GB dan 512 MB 2 buah, jadi keseluruhan memori ada 3 GB. Jadi kita cabut satu persatu, dan diletakan sesuai urutan dislot PCI nya agar tidak lupa. 

Setelah dicabut, kemudian dibersihkan kaki RAMnya yang terbuat dari tembaga menggunakan penghapus pensil yang lunak tentunya. Setelah itu, slot RAM nya juga di tiup agar debu-debu yang menempel terbang.

Setelah semua RAM dibersihkan kemudian, semua RAM dipasang seluruh pada masing-masing slot sesuai keadaan sebelum dilepas. Ternyata setelah dipasang masih bunyi juga.

Kemudian dicoba dipasang satu persatu RAM nya, pada pemasangan RAM  ke satu, komputer menyala normal, ditambah dengan yang kedua, juga normal, setelah RAM ketiga dipasang langsung bunyi bip-bip dan komputer mati. Masalah dapat diketahui, RAM yang mati adalah RAM ketiga dengan kapasitas 1GB, tiga RAM tersisa total masih 2GB. Dan langsung dipasang semua, nyala deh komputer hingga hari ini.



0 Response to "Mengatasi Komputer Mati dan Bunyi Bip"

Post a Comment