--> Skip to main content

Merawat Gigi Sehingga Sehat

Untuk makan perlu dikunyah dan untuk mengunyah perlu gigi. Apa jadinya jika gigi yang digunakan untuk mengunyah mengalami masalah seperti sakit gigi. Sakit gigi tidak hanya diderita oleh anak-anak yang suka sekali makan permen. Namun orang dewasa pun sering juga mengalami sakit gigi. Gigi berlubang yang biasanya terjadi pada daerah gigi geraham adalah salah satu penyebab timbulnya sakit gigi.

Mengapa saya membuat artikel ini? Karena gigi saya beberapa kali mengalami sakit dan itu sangatlah menyiksa. Sakit gigi sungguh bukan sakit yang biasa. Karena apapun makanan yang kita makan, seenak apapun makanan, tidak mungkin kita dapat menahan rasa sakit itu. Ada sih obat untuk mengatasi sakit gigi seperti mefinal, tapi itu hanya sementara, ketika obat telah habis, saktit kambuh lagi. Ternyata satu yang sering diabaikan adalah gosok gigi sebelum tidur. Gosok gigi sebelum tidur sangat penting untuk menjaga kesehatan gigi kita.

Ada anjuran menggosok gigi sebelum tidur sering sekali diabaikan. Padahal pada waktu malam lah bakteri dalam mulut akan berkembang biak. Sisa-sisa makanan yang terdapat dimulut akan membusuk dan menjadi makanan empuk untuk bakteri. Begitu juga sisa-sisa yang ada di sela-sela gigi. Sisa makanan yang sudah membusuk di mulut tersebut menjadi bersifat asam padahal seharusnya kondisi yang baik untuk gigi adalah basa. Sehingga lama kelamaan email gigi akan berlubang sedikit demi sedikit dan nantinya akan melubangi dentin hingga akhirnya sampai ke syaraf gigi.Gigi terasa sakit karena lubang sudah sampai ke akar gigi.

Mulut sebagai pintu masuknya makanan kedalam tubuh menjadi sangat vital perannya dalam menjaga kesehatan tubuh. Beberapa penyakit timbul karena bakteri yang terbawa dari mulut.Bakteri tersebut biasanya mengendap atau bersembunyi di sela-sela gigi atau di lubang gigi karena belum dibersihkan.

Untuk itu menjaga kesehatan gigi menjadi hal yang mutlak dilakukan oleh setiap orang baik anak-anak hingga orang tua. Menyikat gigi secara teratur dan tidak berlebihan dalam mengkonsumsi gula adalah cara yang baik dalam merawat gigi. Tidak lupa juga untuk membiasakan diri menyikat gigi sebelum tidur.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar